Rakerda MUI, Wabup Ingin Ada Regulasi Pembangunan Masjid

  • Bagikan
Suasana Rakerda MUI Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf berharap regulasi terkait pembangunan masjid lahir di Bulukumba.Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 19 Januari 2023.

Andi Edy menginginkan MUI melahirkan ide fundamental, yang mencermati situasi keagamaan di Bulukumba. Ia berharap lahir regulasi, salah satunya mekanisme pembangunan masjid.


“Saya berharap ada regulasi, membuat MoU supaya lahan masjid memilki legalitas. Karena biasa sudah dihibahkan, tapi keturunannya kemudian menuntut lahan tersebut,” kata Edy Manaf.

“Pembangunan masjid harus dapat rekomendasi dari MUI, dan IMB-nya gratis,” jelasnya melanjutkan.

Edy juga berharap agar MUI dapat memberikan sumber saran untuk pemerintah daerah. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan, bahwa Pemda Bulukumba bakal memberikan bantuan dana hibah untuk MUI Bulukumba sebesar Rp.150 Juta.
Kegiatan yang mengusung tema 'Sinergi Ulama dan Umara dalam Menjaga Umat melalui Islam Wasathiyah di Bulukumba' tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf.

Ketua Panitia Rakerda MUI Bulukumba, KH Abd. Hakim Bukhari, mengatakan, Islam Wasathiyah menjadi garis besar dari kegiatan ini. Ada tiga indikator wasathiyah yang dibeberkan oleh KH Abd. Hakim Bukhari.


“Yang pertama adalah amal ma’ruf nahi mungka. Yang kedua keadilan, kemudian tasamuh atau moderat. Moderat dalam arti, MUI datang tidak membingungkan umat atau menjadi provokator,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Bulukumba, KH Tjamiruddin membeberkan, sedianya pelaksanaan rakerda dilaksanakan di hari pelantikan. Namun karena adanya kegiatan yang bertepatan, sehingga kemudian ditunda.


“Raker ini bergandengan dengan pelantikan, namun tidak dilaksanakan karena ada kegiatan MUI provinsi yang bersamaan,” bebernya. (baso marewa)

  • Bagikan