Ketua dan Wakil Ketua DPRD Bulukumba Siap Bertarung di Provinsi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 kontestasi politik di Kabupaten Bulukumba kini sudah mulai terasa.

Sejumlah politisi sudah mulai memasang alat peraga, memperkenal diri untuk maju di Pileg.

Tak terkecuali, sejumlah pimpinan DPRD Bulukumba, seperti Ketua DPRD Bulukumba H. Rijal, Wakil Ketua DPRD H. Patudangi Asiz dan Wakil Ketua II DPRD Bulukumba Hj. Aminah Syam. Ketiganya  berencana naik kelas ke provinsi.

Para pimpinan DPRD Bulukumba ini merupakan politisi andal dari partai masing-masing. H. Rijal merupakan politisi PPP, H. Patudangi Asiz politisi Gerindra dan Hj. Sitti Aminah Syam politisi Partai NasDem.

H. Rijal melalui Juru Bicaranya, Sukman HS meyakini PPP bakal mendapatkan satu kursi di Dapil 5 Bulukumba-Sinjai pada Pileg 2024 mendatang.

Menurut Sukman, keyakinannya itu muncul dari hitungan yang realistis. Yakni melalui kerja-kerja H. Rijal selama ini yang dianggap mampu meraup suara untuk mendudukkan PPP di DPRD Sulsel.

Pada Pileg 2019 lalu, H. Rijal merupakan pendatang baru. Namun kemunculannya mempengaruhi suara partai yang berhasil mendudukkan tiga kader PPP di dapilnya.

"Ini bukti kalau H. Rijal merupakan sosok yang tepat. Di Pileg lalu berhasil mengumpulkan 3877 suara dan mendongkrak suara partai dan mendudukkan dua rekannya di Dapil Gantarang-Kindang, " kata Sukman.

Selan H. Rijal, Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Hj. Aminah Syam juga diisukan bakal bertarung di DPRD Sulsel.

Hj. Aminah dianggap potensial karena telah dua periode duduk di DPRD Bulukumba. Srikandi Bulukumba ini diyakini menjadi perwakilan perempuan dari dapil Bulukumba dan Sinjai di Parlemen Sulsel 2024.

"Saya didorong maju oleh partai, sebagai keterwakilan perempuan di DPRD Sulsel," kata Aminah Syam.

Hj. Aminah adalah politisi senior Partai NasDem di Bulukumba. Melalui latar belakangnya sebagai Bidan, HJ Aminah selalu unggul di setiap pertarungannya di Bulukumba.

Pada periode pertamanya, Hj, Aminah meraih 1300 suara dan bertambah menjadi 2115 suara di periode keduanya.

Hj. Aminah bakal bertarung dan bersaing dengan 6 incumbent yang sudah memiliki basis di Bulukumba dan Sinjai.

Seperti Andi Muh. Anwar Purnomo yang merupakan Anak Bupati Bulukumba dua periode Andi Sukri Sappewali, Andi Ayu Andira legislator Partai Golkar, dan Andi Muhtar Mappatoba politisi Partai Gerindra.

Selanjutnya, ada Mizar Roem yang merupakan PAW dari Arum Spink dari Partai NasDem, Isnayani dari PKS dan Muchtar Badawing pengganti Edy Manaf dari Partai PAN. (baso marewa)

  • Bagikan