Waspada! Banjir ROB Berpotensi Terjadi di Selayar dan Lima Kabupaten Lainnya di Sulsel

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Banjir pesisir (ROB) berpotensi terjadi di wilayah pesisir Kabupaten Kepulauan Selayar, berlaku mulai 20 sampai dengan 23 Pebruari 2023 pukul 20.00 wita.

Hal ini diketahui setelah Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar mengeluarkan peringatan dini Nomor ME.01.00/006/KPTR/II/2023 tertanggal 19 Pebruari 2023, tentang banjir pesisir (ROB) yang berpotensi terjadi di pesisir barat wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Disebutkan bahwa akan terjadi pasang maksimun yang disebabkan oleh adanya fenomena Super New Moon atau fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada 20 Pebruari 2023 pukul 18.00 sampai dengan pukul 21.00 wita, yang didukung dengan adanya potensi hujan lebat di sepanjang pesisir barat Sulawesi Selatan, berpotensi menimbulkan banjir ROB.

Selain Kabupaten Kepulauan Kepulauan Selayar, Banjir ROB berpotensi terjadi di pesisir Kabupaten Barru, pesisir Pangkajene dan Kepulauan, Pesisir Kabupaten Kepulauan Selayar, pesisir Kabupaten Maros, pesisir Kota Makassar, dan pesisir Kabupaten Kepulauan Selayar.

kondisi tersebut secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat disekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimun air laut yang disertai hujan lebat serta memperhatikan pembaruan informasi cuaca maritim BMKG. (Im)

  • Bagikan