Inas Ingin Benahi KNPI Bulukumba, Sebelumnya Dianggap Pasif

  • Bagikan
Andi Inas Utami Muchtar, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Andi Inas Utami Muchtar terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bulukumba pada Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar di Ballroom Hotel Agri Bulukumba, Jumat, 17 Februari 2023.

Putri dari Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf itu dipilih sebagai Ketua KNPI secara aklamasi setelah salah satu calon lainnya mundur sebelum pemilihan ketua.

"Dua kandidat tapi ternyata yang satu mengundurkan diri, jadi saya terpilih sebagai ketua secara aklamasi," kata Inas saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID melalui WhatsApp, Minggu, 19 Februari 2023.

Inas mengungkapkan bahwa dirinya terpilih secara aklamasi melalui forum Musda yang dihadiri oleh DPK KNPI dari 10 kecamatan, ditambah 30 perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP).

"Dari 40an OKP yang ada di Kabupaten Bulukumba, yang hadir itu sekitar 30 OKP dan 10 DPK kecamatan," urai Inas.

Menurut Inas untuk selanjutnya pelantikan akan digelar secepatnya. "InsyaAllah kalau bisa sebelum puasa (memasuki bulan Ramadan, red)," ujarnya.

Sebagai Ketua KNPI yang baru, dirinya akan menjalin silaturahmi dengan semua OKP. Karena menurut Inas selama ini KNPI di Bulukumba ternyata tidak aktif.

"Karena hari Jumat kemarin sempat ada OKP yang curhat katanya selama ini tidak pernah dilibatkan dalam sebuah forum di KNPI," ungkap Inas.

Saat ditanya soal KNPI versi lain, Inas mengungkapkan bahwa dirinya sudah berupaya mengajak KNPI versi Akhmad Rivandi untuk bergabung, namun sampai saat ini tidak ada respon.

"Pada saat saya datang bersama Ketua KNPI Sulsel, Kanita Kahfi, kami sudah bertemu dan mengajak bergabung. Bahkan dalam proses persiapan Musda juga, saya intens komunikasi sama KNPI kubu sebelah via telepon," ungkapnya.

"Jadi KNPI kubu lain juga tau progres yang kami lakukan seperti apa, tapi sampai hari pelaksanaan musdanya tidak ada pernyataan sikap untuk bergabung. Dan saya juga tidak bisa memaksakan. Mungkin ada pertimbangan tersendiri juga sampai mereka tidak ingin bergabung," jelasnya.

Sementara itu, KNPI dari Andi Inas ini tetap tidak mau diakui oleh pihak Akhmad Rivandi yang menyatakan bahwa hanya ada satu KNPI di Kabupaten Bulukumba yakni pihaknya.

"DPD KNPI Bulukumba tetap satu di bawah kepemimpinan Akhmad Rivandi. Proses mereka tidak representasi pemuda Bulukumba, apalagi mengatasnamakan KNPI," tegas Akhmad Rivandi atau yang akrab disapa Aco.

Aco juga tidak percaya bahwa terdapat 30 OKP yang hadir dalam Musda yang digelar oleh KNPI versi Andi Inas.

"OKP yang hadir sesuai foto daftar hadir Rapimda dan Musda versi 'mereka' yg beredar tidak lebih dari 10 OKP termasuk sayap partai," ungkap Aco.

"Sebaiknya kita wawancarai Ketua panitianya dan minta lampiran nama-nama OKP dan Sayap Partai yang hadir, agar publik mengetahui khususnya Pemuda Bulukumba termasuk saya," pintanya.

Terkait Musda KNPI versinya, Aco mengungkapkan bahwa akan digelar pada 27 hingga 28 Februari 2023. (ewa/has/B)

  • Bagikan