Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Kunjungi Museum Kota, Andi Herfida: Jalin Kerjasama Kebudayaan

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Ohashi Koichi mengunjungi Museum Kota Makassar, Kamis 30 Maret 2023. Kehadiran Mr Ohashi bersama rombongan disambut hangat oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Ketua Dewan Kebudayaan Kota Makassar serta Duta Budaya Kota Makassar.

Kunjungan Ohashi yang baru bertugas di Makassar pada 11 Maret 2023 lalu, sebagai ajang silaturahmi dan bentuk apresiasinya terhadap keberadaan Museum Kota Makassar. Menurut Ohashi ia baru pertama kali bertugas di Kota Makassar dan ia punya ketertarikan yang sangat besar dengan Kota Makassar yang memiliki hubungan kesejarahan yang erat dengan Jepang.

Andi Herfida kemudian menjelaskan bahwa Walikota Makassar pernah dijabat oleh orang Jepang yakni B. Yamasaki pada tahun 1942-1945. Catatan sejarah tentang ini bisa ditemui di Museum Kota Makassar yang memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang pernah ada di Kota Makassar.

"Hari ini saya sangat terkesan. Apalagi saya mengetahui ada hubungan antara Jepang dan pemerintahan Kota Makassar," kata Ohashi.

Andi Herfida lantas menjelaskan mengenai keberadaan Kota Makassar yang zaman dulu dikenal sebagai kota niaga. Makassar menjadi pusat atau titik bertemunya para saudagar dari berbagai negara termasuk dari Jepang.

Andi Herfida pun berharap ke depan bisa terbangun hubungan yang lebih baik khususnya di bidang kebudayaan antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Kota Makassar. (una)

  • Bagikan