Pemberangkatan CJH Bulukumba Mulai 24 Mei

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bulukumba akan diberangkatkan ke Arab Saudi mulai 24 Mei hingga 7 Juni 2023.

"Jadwal pemberangkatan sudah ada, untuk penentuan kloter embarkasi Makassar termasuk kloter Bulukumba baru akan dirapatkan Jumat, 5 Mai ini," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bulukumba, Hakim Bohari, Rabu, 3 Mei 2023.

Untuk pemberangkatan ke asrama haji, CJH Kabupaten Bulukumba rencananya berangkat pada 23 Mei 2023.

Terkait persiapan CJH, Hakim mengungkapkan bahwa CJH Bulukumba sudah siap 97 persen untuk pemberangkatan.

"Persiapan adminitrasi, dokumen, paspor dan visa termasuk pelunasan sudah mencapai 97 persen," papar Hakim Bohari.

Khusus pelunasan, Hakim mengungkapkan tersisa 20 orang yang belum melakukan pelunasan per Selasa, 2 Mei 2023.

"Yang belum melunasi karena beberapa alasan, sakit/hamil, menunggu muhrim, dan lain-lain. Batas akhir pelunasan itu Jumat, 5 Mei 2023," urainya.

Para jemaah juga mulai kemarin (Rabu, 03 Mei 2023) hingga hari ini dilakukan vaksinasi meningitis, sebagai salah satu persyaratan yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

Terkait jemaah cadangan, Hakim mengungkapkan bahwa dari 38 jemaah cadangan, 21 di antaranya yang telah melakukan persyaratan.

Terkait berapa jumlah jemaah cadangan yang diberangkatkan tahun ini, Hakim belum dapat memastikan.

"Selalu ada penggantian dan diberikan sesuai nomor urut dan siap dokumen dan sudah pelunasan. Jumlah yang diberangkatkan tergantung jumlah yang tidak ambil kuotanya," tukas Hakim.

Diketahui, terdapat 403 jemaah calon haji Kabupaten Bulukumba yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah pada tahun 2023 ini. (ewa/has/B)

  • Bagikan