ODGJ Asal Ternate Tersesat di Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Ternate, Provinsi Maluku diamankan
di Kota Kabupaten Bulukumba, Kamis, 4 Mei 2023.

ODGJ itu diamankan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Bulukumba bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Kasimpureng, Bripka Akbar Wandi karena dianggap sudah meresahkan warga sekitar.

Saat diamankan, awalnya ODGJ laki-laku itu sempat mengamuk dan melempari petugas Dinsos Bulukumba menggunakan potongan kayu.

Pada akhirnya Bripka Akbar Wandi turun tangan dan berhasil membujuk ODGJ itu untuk dibawa oleh petugas Dinsos Bulukumba.

ODGJ itu kemudian dibawa ke Kantor Disdukcapil untuk dicek identitasnya. Di situ lah terungkap bahwa ODGJ itu bernama Asmar, asal Salero, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Dari pengakuannya, awalnya pria berusia 32 tahun itu menumpangi Kapal Ferry dari Ternate hingga tiba di Kota Manado.

Entah bagaimana ceritanya, Asmar kemudian berada di Kota Makassar sampai pada akhirnya tiba di Kabupaten Bulukumba.

Dari pengecekan catatan sipilnya juga terungkap bahwa Asmar yang masih bujang ini memiliki BPJS Kesehatan Mandiri, namun iuran BPJSnya tertunggak.

Pihak Dinsos sempat kebingungan akan dibawa ke mana ODGJ tersebut, selain karena orang luar provinsi juga tidak adanya fasilitas rumah aman bagi ODGJ di Bulukumba.

Pada akhirnya, diputuskan untuk dibawa ke Dinsos Provinsi Sulsel sembari dicari kontak keluarganya di Ternate.

"Kita bersihkan dulu badannya, kita cukur juga. Rencananya kita bawa langsung ke Dinsos Provinsi," kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Bulukumba, Sappewali.

Sappewali juga menyampaikan apresiasinya terhadap semua pihak yang telah membantu pengurusan ODGJ tersebut.

"Terimakasih kepada semua pihak, termasuk Disdukcapil, Kepolisian, relawan, dan masyarakat yang sudah membantu mengurus ODGJ ini," tukas Sappewali. (ewa/has/B)

  • Bagikan