KORPRI Bulukumba Studi Tiru di Bone, Siap Berbenah Lakukan Inovasi

  • Bagikan
Pengurus Korpri Bulukumba bepose bersama pengurus Korpri Bone.

BONE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pengurus KORPRI Kabupaten Bulukumba, melakukan studi tiru ke Kabupaten Bone, Selasa 6 Juni 2023 kemarin. Bertempat di Sekretariat KORPRI Kabupaten Bone, rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI (DP KORPRI) Kabupaten Bulukumba, Andi Roslinda, diterima oleh Sekretaris DP KORPRI Kabupaten Bone, Andi Irsal Mahmud.

Andi Irsal yang hadir beserta jajaran pengurusnya, menyambut baik kunjungan tersebut. Ia mengatakan bahwa Bone cukup sering dijadikan sebagai lokasi studi tiru. Bukan hanya dari Sulawesi Selatan , namun nasional. Salah satunya dari Kabupaten Rokan Hilir.

"Dewan Pengurus Pusat memang merekomendasikan kami untuk lokasi studi tiru. Jadi kami selalu memberi kemudahan bagi yang ingin belajar. Misalnya kalau dari luar provinsi bisa lewat telepon dan email. Akan tetapi kalau masih sama-sama dari Sulsel tentu tidak akan sulit untuk datang karena bisa sekaligus silaturrahim seperti ini," tuturnya.

Menurut Andi Irsal, KORPRI Bone di bawah kepemimpinan Andi Islamuddin, memiliki struktur kepengurusan lintas organisasi perangkat daerah (OPD), yang sebagian besar adalah pejabat Eselon 3.

Bukan hanya itu, DP KORPRI Bone juga ada yang berasal dari Kementerian agama yang merupakan instansi vertikal.

"Keberagaman tersebut tujuannya agar terbangun sinergitas, yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk bersama-sama memajukan organisasi. Saya yakin hal inilah yang menjadikan KORPRI Kabupaten Bone mendapat predikat baik dalam hal pengelolaan organisasi dengan banyak kegiatan, sehingga dianggap layak menjadi lokasi untuk studi," ungkapnya.

Andi Irsal menambahkan, melalui tagline "Saya KORPRI, Saya Melayani", diharapkan mampu membangkitkan jiwa melayani bagi segenap anggota, dalam melaksanakan tugas selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

Hal ini tentunya juga harus ditunjang dengan kegiatan yang dapat membangkitkan rasa solidaritas dan kepedulian. Salah satunya yang aktif dilakukan yakni persemayaman dan penyelenggaraan jenazah.

"Kami selalu memastikan jika ada anggota KORPRI yang meninggal, maka segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan jenazah akan ditangani dengan baik. Saya rasa kegiatan semacam ini akan meringankan keluarga yang berduka" ungkapnya.

Sementara itu, Andi Roslinda selaku pimpinan rombongan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penerimaan yang sangat terbuka dengan suasana kekeluargaan yang akrab.

Sekretaris KORPRI Bulukumba yang juga merupakan Kepala BKPSDM tersebut menyampaikan optimismenya bahwa setelah kunjungan studi tiru ini, KORPRI Bulukumba dapat mengambil best practice dari KORPRI Bone. Sehingga ke depannya organisasi bagi pegawai negeri sipil ini dapat berkiprah lebih banyak dalam mensupport program pemerintah daerah.

"Kalau kegiatan sosial, kami sudah lakukan. Seperti bakti sosial penyaluran bantuan bagi anggota yang kurang mampu. Kedepan kami tentu berencana untuk dapat berbuat lebih banyak lagi. Tidak hanya diperuntukkan bagi anggota yang masih aktif bekerja, namun juga yang telah pensiun," terangnya.

Kegiatan studi tiru ditutup dengan penyerahan cinderamata miniatur Kapal Pinisi yang merupakan ciri khas dan kebanggaan masyarakat Bulukumba. Cinderamata tersebut sebagai ungkapan terimakasih dan simbol persaudaraan yang terjalin antar kedua organisasi KORPRI daerah tersebut. (rls)

  • Bagikan