Berbeda Hari dengan Pemerintah, Salat Idul Adha di Masjid Jami Jabal Nur tetap Dipadati Jemaah

  • Bagikan
Jemaah memadati pelaksanaan Idul Adha di Masjid Jami Jabal Nur Bontonyeleng, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 28 Juni 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ratusan jemaah mengikuti Salat Idul Adha 1444 Hijriyah di Masjid Jami Jabal Nur, Dusun Bontonyeleng, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba pada Rabu, 28 Juni 2023.

Meskipun pelaksanaannya berbeda dengan versi pemerintah, Salat Idul Adha di Masjid Jami Jabal Nur tetap menarik perhatian warga sekitar.

Ustaz Abdul Halim Amsur dipercaya sebagai penceramah dan pemimpin Salat Idul Adha di masjid terbesar di Desa Bukit Harapan.

Dalam ceramahnya, Ustaz Halim menyampaikan makna pelaksanaan Idul Adha.

"Salah satu makna penyembelihan hewan kurban adalah sebagai wujud pengorbanan dan rasa syukur kita atas nikmat yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kepada kita," ujar Ustaz Halim.

Ustaz Halim melanjutkan, makna kedua dari perayaan Idul Adha adalah untuk mengingatkan umat Islam tentang perjuangan seorang ayah.

"Surga memang terletak di bawah telapak kaki ibu, namun kita tidak boleh melupakan perjuangan sang ayah yang telah bekerja keras dalam membesarkan kita," tambahnya.

Ceramah dari Ustaz Halim merupakan puncak acara Salat Idul Adha di Masjid Jami Jabal Nur. Setelah Ustaz Halim turun dari mimbar, jemaah meninggalkan masjid dengan tertib.

Diketahui, Masjid Jami Jabal Nur Dusun Bontonyeleng adalah satu-satunya masjid di Desa Bukit Harapan yang menyelenggarakan perayaan Idul Adha pada hari ini.

"Kami melaksanakan Idul Adha berdasarkan penetapan hari dari Muhammadiyah, dan Alhamdulillah banyak jemaah yang datang dan acara berjalan lancar," ujar Harum, Ketua Panitia Idul Adha Masjid Jami Jabal Nur.

Berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, sekitar 19 titik di Kabupaten Bulukumba merayakan Idul Adha berdasarkan penetapan hari oleh Muhammadiyah.

Sebelumnya, Tokoh Muhammadiyah Bulukumba, H Abdul Hamid mengatakan meski melaksanakan Salat Idul Adha pada 28 Juni, tetapi untuk penyembelihan hewan kurban bagi Muhammadiyah dianjurkan dilaksanakan pada 29 Juni 2023.

"Anjuran pimpinan pusat (Muhammadiyah) mengharapkan supaya pelaksanaan Salat hari raya tetap hari Rabu (28 Juni 2023), tapi penybelihan hewan kurban bisa dilakukan pada hari Kamis (29 Juni 2023) demi menghargai saudara-saudara kita yang lain," tukas Abdul Hamid. (ewa)

  • Bagikan