Resmi Dilantik, Ini Wajah Baru Komisioner KPU Kabupaten Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melantik 220 orang anggota KPU dari 44 kabupaten/kota pada lima provinsi, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Kepulauan Riau untuk periode 2023–2028.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023. Salah satu di antaranya lima anggota KPU Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, masing-masing Asbar, Rakhmat Fajar, Suriadi, Syamsul, dan Wamil Nur.

Usai dilantik, para komisioner KPU Bulukumba langsung menggelar pleno pemilihan ketua dan koordinator divisi. Hasinya, Asbar dipercaya menjadi ketua. Sementara Rakhmat Fajar menjabat sebagai Koordinator Divisi Data dan Perencanaan, Suriadi Koordinator Divisi Hukum, Syamsul Koodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, dan Wamil Nur menjabat Koordinator Divisi Sosialisasi dan Parmas.

Salah satu anggota KPU Bulukumba, Rakhmat Fajar mengungkapkan, pleno pemilihan ketua dan keanggotaan divisi dilakukan secara demokratis. Kelima komisioner sepakat memilih Asbar sebagai ketua.

"Alhamdulillah, kami berlima pleno di Jakarta di Hotel Swis Bell Wahid Hasyim.
Intinya pemilihan ketua dan divisi dilakukan demokratis. Poinnya kami dari berlima ini mempercayakan Pak Asbar sebagai ketua, lalu saya di Divisi Data dan Perencanaan, Wamil di Sosialiasi dan Parmas, Syamsul di Teknis Penyelenggaraan, dan Suriadi di Hukum," ungkap mantan Jurnalis Harian RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID ini saat dikonfirmasi, Kamis 29 Juni 2023.

Dikutip dari laman antaranews.com, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik. Ia mengingatkan agar para komisioner KPU daerah ini segera melakukan penyesuaian irama kerja dan pembagian waktu sehari-hari terhadap ritme kerja dalam penyelenggaraan tahapan pemilu.

"Segera melakukan penyesuaian-penyesuaian irama kerja, pembagian waktu sehari-hari untuk menyesuaikan dengan ritme kerja, ritme penyelenggaraan tahapan pemilu," ucapnya saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 220 anggota KPU kabupaten/kota di halaman Kantor KPU RI, Rabu, 28 Juni 2023 lalu.

Hasyim juga mengingatkan 220 anggota KPU kabupaten/kota itu agar membaca kembali seluruh peraturan perundang-undangan yang terkait pemilu.

"Saudara sekalian senantiasa melakukan penyegaran, membaca ulang peraturan perundang-undangan, terutama UU Pemilu, Peraturan KPU, Peraturan Bawaslu, Peraturan DKPP, dan undang-undang lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu," ujar dia.

Ke-44 KPU kabupaten/kota yang dilantik meliputi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa, Minahasa Utara, Kota Bitung, Manado, dan Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Gowa, Barru, Bone, Bulukumba, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten Bombana, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Wakatobi, Kota Bau-Bau, dan Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Kota Batam, Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau.

Kabupaten Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu di Sulawesi Barat.(man)

  • Bagikan