Kadis Kebudayaan: Rakernas APEKSI XVI  Sajikan Keberagaman Seni dan Budaya dari Seluruh Indonesia

  • Bagikan
Andi Herfida Attas

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kota Makassar telah mematangkan kesiapannya sebagai tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2023.

Rakernas Apeksi XVI  yang diadakan di Kota Makassar, akan menjadi panggung bagi sekitar 98 kepala daerah dari berbagai kota di Indonesia.

Dalam acara ini, akan disediakan panggung seni yang memberikan kesempatan kepada setiap kota untuk memperkenalkan seni dan budaya mereka.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar Andi Herfida Attas, mengungkapkan bahwa hingga saat ini sebanyak 50 kota telah terdaftar dan siap untuk tampil di panggung seni yang akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 Juli mendatang.

“Setiap harinya mulai tanggal 11 Juli, setiap kota akan diberikan kesempatan untuk tampil dengan pertunjukan seni mereka, dan tentu saja Kota Makassar juga akan ikut serta dengan memberikan penampilan seni terbaik,” ujar Herfida, Selasa, 27 Juni 2023.

Khusus untuk penampilan seni dari Makassar, akan ditampilkan seni etnis Toraja dengan kostum yang dirancang khusus. Kostum tersebut memiliki tiga corak atau warna, yaitu merah, putih, dan hitam.

“Konsep tarian ini menceritakan perjalanan suatu daerah yang melibatkan berbagai aspek sosial di dalamnya. Tarian ini mengusung kebudayaan etnis Toraja sebagai dasar gerak tari, karena memiliki nilai estetika pariwisata yang telah dikenal hingga mancanegara,” lanjutnya.

Pada penutupan panggung seni, tanggal 14 Juli, akan hadir juga band nasional yaitu Armada Band.

Tidak hanya itu, juga akan diselenggarakan karnaval seni di area Center Point of Indonesia. Melalui karnaval ini, 98 kota akan mengenakan pakaian adat masing-masing dan melakukan pawai, yang bertujuan untuk mempererat hubungan dan saling memperkenalkan budaya dari masing-masing kota.

“Melalui Rakernas Apeksi ini keindahan dalam keberagaman seni dan budaya akan ditampilkan. Meskipun Indonesia terdiri dari perbedaan-perbedaan, namun akan terlihat indah dan saling melengkapi,” tutupnya. (rls)

  • Bagikan