Momentum Bersejarah, Puncak Pembagian Bendera Merah Putih HUT RI ke-78 akan Dilaksanakan di Tanjung Bira

  • Bagikan
Sekda Bulukumba Ali Saleng bersama tim dari Kemendagri melakukan survey lokasi pelaksanaan kegiatan HUT RI di Tanjung Bira.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Peringatan HUT RI tahun 2023 bakal menjadi momentum bersejarah bagi Kabupaten Bulukumba. Pasalnya, puncak kegiatan gerakan pembagian 10 ribu bendera merah putih oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 akan digelar di Tanjung Bira, Bulukumba pada 12 Agustus 2023.

Kegiatan gerakan pembagian bendera itu merupakan program Dirjend Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-78 di seluruh Indonesia.

Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang dilaksanakan dari tanggal 1 Juni sampai dengan 17 Agustus 2023.

Sementara puncak gerakan ini rencananya akan dipusatkan di Pantai Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba pada tanggal 12 Agustus 2023 yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Acara Puncak Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023 direncanakan akan diikuti oleh 50 ribu orang peserta dari berbagai unsur dan instansi.

Humas Pemkab Bulukumba Andi Ayatullah mengungkapkan bahwa kegiatan itu juga dirangkaikan dengan kegiatan Forum Dialog Ketahanan Ekonomi, Budaya dan Investasi yang ditempatkan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, pada 11 Agustus 2023.

Mendagri juga rencananya akan mengunjungi pusat pembuatan perahu Pinisi di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari.

Selain Mendagri, kegiatan tersebut juga rencananya akan dihadiri oleh seluruh kepala daerah baik itu gubernur maupun bupati/walikota se Indonesia.

Pemkab Bulukumba sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut juga mulai mempersiapkan diri khususnya untuk menyambut kedatangan tamu-tamu penting.

Seluruh ASN lingkup Pemkab Bulukumba diminta untuk menyiapkan masing-masing satu bendera merah putih, satu bendera umbul-umbul merah putih, beserta tiang bambu.

"Bendera umbul-umbul dan merah putih akan dipasang di sepanjang jalan mulai batas Bulukumba sampai Bira," kata Andi Ayatullah Ahmad, Rabu, 5 Juli 2023.

Andi Ayatullah juga berharap partisipasi aktif dari masyarakat dalam menyukseskan kegiatan tersebut termasuk ikut memasang umbul-umbul dan bendera merah putih di depan rumah masing-masing.

"Ini kegiatan yang bersejarah bagi Kabupaten Bulukumba. Untuk pertama kali puncak kegiatan kemerdekaan RI tingkat nasional dirayakan di Kabupaten Bulukumba," ujar Andi Ayatullah. (baso marewa)


  • Bagikan