H Askar Wafat Mendadak, IAS: Sosok Petarung Yang Berkomitmen

  • Bagikan
Ketua DPC PPP Bulukumba, H Askar HL.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabar duka mengejutkan datang dari Kendari, Ahad siang, 16 Juli 2023. Ketua DPC PPP Bulukumba, H Askar HL tutup usia.

Mendadak, akibat serangan sakit kepala tiba-tiba. Keluarga, sahabat dan karib merasa kehilangan. Tak kecuali, mantan wali kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS). Kabar duka sampai ke IAS saat berada di Soppeng, di hari yang sama, IAS ikut hadir menyemarakkan Festival Gau Maraja La Patau.

"Innalillah wa innaa ilaihi rajiun. Saya sangat sedih. Salah satu politisi petarung yang saya kenal di Sulsel itu adalah almarhum. Sedih belum bisa ke Bulukumba melayat, karena kegiatan terjadwal di Wajo, Soppeng dan Barru," ujar IAS kepada wartawan.

Kenangan kebersamaan IAS dan almarhum begitu hangat ketika pilgub 2013 lalu. IAS yang maju berpasangan dengan Dr Aziz Qahhar Mudzakkar merasa berutang budi dengan politisi partai berlambang Kakbah itu.

"Meski tidak banyak tersiar, sokongan moral beliau dan caranya membuka pintu menunjukkan H Askar adalah politisi matang dan punya kekuatan silaturahmi yang sangat baik," kata sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu.

H. Askar HL memiliki perjalanan politik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang cukup panjang sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Askar pernah duduk sebagai anggota DPRD Bulukumba dua priode dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Gantarang-Kindang.Askar terpilih anggota DPRD sejak tahun 2009-2013. Lalu kembali terpilih pada priode selanjutnya.

Askar juga pernah mencalonkan diri sebagai calon wakil Bupati Bulukumba dari pasangan Abd Kahar Muslim.

Ia maju sebagai wakil, pada Pilkada 2010. Saat itu pasangan H. Zainuddin Hasan-Syamsuddin sebagai pemenangnya.

Selanjutnya,  ia kembali maju sebagai calon Bupati Bulukumba pada Pilkada Bulukumba 2014 berpasangan Nawawi Burhan. Saat itu pasangan almarhum AM Sukri Sappewali berpasangan Tomy Satria Yulianto menjadi pemenangnya.

Tak menyerah sampai di situ. Askar kembali maju sebagai calon Bupati Bulukumba berpasangan Arum Spink di Pilkada tahun 2020 lalu. (*)

  • Bagikan