Turnamen Sepakbola oleh Pemuda Bontonyeleng Berdayakan UMKM Lokal

  • Bagikan
Pemuda Desa Bontonyeleng yang menyelenggarakan turnamen sepak bola mini Gella Palaloi Cup I tahun 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Turnamen Sepakbola Mini Gella Palaloi Cup I  Desa Bontonyeleng memberdayakan sedikitnya 50 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat. Turnamen antar kampung itu resmi digelar Kamis, 20 Juli 2023.

Tidak hanya mempertandingkan klub sepakbola dari berbagai penjuru di sekitar Bulukumba, namun turnamen itu juga memberdayakan pelaku UMKM setempat. Panitia mencatat sedikitnya 50 UMKM yang diberdayakan atas digelarnya turnamen tersebut.

"Bermacam-macam jenis UMKM yang telah mendaftar, ada penjual minuman, dan jajanan khas lokal seperti cendol, jalang kote, dan lain-lain," kata Kepala Desa Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali, saat dikonfirmasi pada Rabu, 19 Juli 2023.

Opu sapaan akrab Andi Baso Mauragawali berharap kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Dirgahayu Republik Indonesia (RI) ke-78 itu dapat bermanfaat terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Bontonyeleng.

"Harapannya turnamen ini bukan saja sebagai ajang pertandingan sepak bola tapi juga mampu memberdayakan pelaku UMKM, dan itu merupakan hal positif bagi ekonomi desa," harap Opu.

Sepakbola Mini di Desa Bontonyeleng itu resmi dibuka oleh Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Feriawan Z Fahmi. Dalam sambutannya, ia memuji pemuda desa setempat yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Saya harapkan penyelenggaraan turnamen tetap kondusif hingga selesai. Dan mampu mencetak bibit pesepakbola berbakat," harap Ferry.

Setelah resmi dibuka oleh Kepala Disparpora, partai pembuka mempertemukan tim tuan rumah, Bontonyeleng FC A melawan tim kuat Al Aira. Pada partai itu Bontonyeleng FC A yang diisi oleh pemain muda harus mengakui kekalahan dari Al Aira dengan skor 0 - 2.

Pada partai kedua mempertemukan dua tim kuat Serumpun FC melawan Terang-terang FC. Pertandingan itu dimenangkan oleh Serumpun FC dengan skor tipis 1 - 0.

Diketahui, Gella Palaloi Cup I itu diselenggarakan oleh Pemuda dan didukung oleh pemerintah Desa Bontonyeleng.

Turnamen sepak bola mini itu diikuti oleh 32 tim dari seluruh penjuru Bulukumba dan sekitarnya.

Ketua Panitia, Al Hidayat, mengungkapkan bahwa turnamen sepak bola Gella Palaloi Cup I ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dirgahayu Republik Indonesia (RI) yang ke-78.

Pemuda Bontonyeleng memilih untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola mini sebagai bagian dari perayaan Dirgahayu RI ke-78 dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan nasionalisme melalui sepak bola.

"Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di masyarakat, oleh karena itu kami berharap turnamen ini dapat menarik antusiasme masyarakat dalam merayakan HUT RI," jelas Dayat.

Turnamen ini juga merupakan turnamen yang didukung oleh Askab PSSI Kabupaten Bulukumba serta telah diberikan izin penyelenggaraan oleh Polres Bulukumba.

"Tiap pertandingan dalam Gella Palaloi Cup I ini juga akan dipimpin oleh wasit yang berlisensi sesuai dengan rekomendasi dari Askab PSSI Bulukumba," tukasnya. (ewa/man)

  • Bagikan