Guru Wajib Kampanyekan Perilaku Hidup Sehat

  • Bagikan


BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bulukumba menggelar sosialisasi pengelola kesehatan lingkungan sekolah di Aula Diskes Bulukumba, Senin 11 September 2023. Kegiatan dihadiri siswa dari perwakilan sekolah tingkat SD dan SMP sederajat se Kabupaten Bulukumba.

Dalam sambutannya, Sekertaris Diskes Bulukumba, dr. H Amrullah, mengatakan kesehatan adalah investasi yang paling berharga bagi makhluk hidup, terutama manusia. Untuk itu, utamakan kesehatan dalam segala aktivitas apapun dan kesehatan tidak hanya terdiri dari satu variabel akan tetapi ada banyak, misalnya kesehatan fisik, mental, ekonomi, sosial dan lainnya.

"Jadi kalau misal di lingkungan sekolah terjadi bullying kepada anak didik tentu mental mereka tidak akan sehat. Untuk itu, kami hadirkan para perwakilan sekolah di Bulukumba untuk kemudian mengimplementasikan apa yang didapatkan dikegiatan ini,"ungkapnya.Dokter Amrullah juga mengimbau para guru terus mengingatkan dan memberikan pemahaman kepada anak didiknya bagaimana Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satu contohnya mengingat anak didik ketika hendak makan sebaiknya mencuci tangan dan berdoa.

"Sejauh ini ada banyak penyakit yang timbul karena adanya prilaku hidup yang tidak sehat dan bersih. Kami juga ingat apabila ada penjual yang mau masuk kelingkungan sekolah utamakan screening dan perhatikan label halalnya,"bebernya.Lebih lanjut dr. Amrullah menyampaikan agar para guru juga mengingatkan kepada orang tua siswa agar lebih memperhatikan anaknya dengan pembiasaan sarapan. Karena sebelum aktivitas membutuhkan energi yang banyak tentu sarapannya sarapan yang sehat.

"Kami berharap para guru tidak pernah untuk memberikan wawasan kepada anak didik kita khususnya. Karena bagaimana pun mencegah lebih baik dari pada mengobati,"harapnya.Terpisah, Tenaga Sanitasi Lingkungan Diskes Bulukumba, Fitrah menambahkan lingkungan sekolah adalah salah satu kesatuan lingkungan fisik, mental, sosial dari sekolah yang memenuhi syarat-syarat kesehatan. Sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan anak didik secara optimal.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup sehat anak didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas,"tutupnya. (**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan