Pemdes Kahayya Alokasikan Rp 251 Juta untuk Jalan Pemukiman

  • Bagikan
Pengecoran jalan di Dusun Tabbuakkang, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

KINDANG,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, mengalokasikan anggaran desa sebesar Rp 251 juta untuk membenahi jalan pemukiman. Perbaikan jalan di Kampung Salu Lompoa, Dusun Tabbuakkang, tersebut menjadi salah satu program prioritas pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman mengatakan, ruas jalan desa yang dibanguni rabat beton (pengecoran) sepanjang 290 meter. Program ini berdasarkan usulan masyarakat yang disepakati melalui musyawarah desa.

" Kami juga tidak langsung mengalokasikan anggaran begitu saja, tetapi kami masukkan di perencanaan desa kemudian di bahas dalam musyawarah desa," katanya, Minggu 17 September 2023.

Lebih lanjut, Rahman menuturkan, Kampung Salu Lompoa semula merupakan pemukiman yang terisolir dan rumah di wilayah tersebut tidak beraturan. Kemudian pemerintah desa melakukan penataan dengan membangun merintis jalan sekira 300 meter.

Selain berfungsi sebagai jalan pemukiman, jalan tersebut juga berfungsi sebagai jalan tani.

"Supaya warga yang bermukim di perkampungan tersebut memiliki akses jalan," jelasya.

Sekretaris Dinas PUTR Kabupaten Bulukumba, Syafriadi yang dikonfirmasi mengapresiasi pemeirntah desa yang memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan di wilayahnya. Namun ia tetap mengingatkan agar pelaksanaan program infrastruktur mengacu pada aturan dan petunjuk teknis yang ada.

"Saya kira ada juknis terkait penggunaan dana desa. Salah satunya pembangunan infrastruktur yg merupakan kewenangan dari desa, jadi selama itu sesuai dengan Juknis maka pemerintah desa bisa mengalokasikan anggaran desanya untuk pembangunan infrastruktur," tambahnya. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan