Manuver Politik Andi Utta di Kota Makassar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Inas Utami Muchtar yang merupakan putri dari Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf telah memastikan diri untuk maju sebagai calon legislatif provinsi bukan di dapil Bulukumba-Sinjai tetapi di dapil Kota Makassar A.

Dalam daftar calon sementara (DCS) yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Inas berada di nomor urut 3 dalam partai Gerindra.

Pilihan berani Inas untuk maju di dapi kota Makassar yang bukan basisnya tidak terlepas dari restu sang ayahandanya Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf.

"Ada berbagai macam pertimbangan, termasuk pertimbangan dari bapak (Andi Muchtar Ali Yusuf, red)," ungkap Inas saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Selasa, 19 September 2023.

Selain itu juga, lanjut Inas, tidak terlepas dari dorongan teman-teman dan kerabatnya yang berdomisili di Kota Makassar, apalagi pasca menikah dia saat ini juga menetap dan kerja di Kota Makassar.

"Dan supaya lebih bisa menyeimbangkan kehidupan personal dgn politik karena suami juga domisili di Makassar," imbuhnya.

Meski bukan di basis utamanya, namun Inas dianggap tetap memiliki peluang untuk meraih kursi di DPRD Sulsel dari dapil Kota Makassar A.

Menurut Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad, pilihan Inas untuk maju di dapil Kota Makassar didasari dengan pertimbangan politis.

Andi Utta mendorong atau merestui anaknya untuk maju di dapil Kota Makassar didasari dengan pertimbangan serta perhitungan politik yang matang.

"Perbedaan wilayah itu tentu sudah disiasati. Maju di Makassar bukan semata harapkan pengaruh orang tua meskipun tetap layak dijual sebagai anak bupati," jelas Firdaus.

"Pastinya sang bupati (Andi Muchtar Ali Yusuf akan bantu pemenangan anaknya terutama dana dan jangan politiknya," lanjutnya.

Firdaus mengungkapkan bahwa meski bukan di daerah basisnya namun dengan jejaring politik yang didukung dengan kekuatan finansial, Andi Utta tetap memiliki peluang besar untuk mendudukkan anaknya di dapil Kota Makassar.

"Ya (berpeluang) dengan dukungan dana dan jaringan politik serta pengaruh ayahnya sebagai bupati," jelas Firdaus.

Salah satu yang menarik dari langkah politik Andi Muchtar Ali Yusuf saat ini yakni kedekatannya dengan Partai Gerindra.

Tidak hanya anaknya namun juga adik kandungnya maju sebagai Bacaleg DPRD Provinsi dapil Bulukumba-Sinjai mengendarai partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

Kedekatannya dengan partai Gerindra dianggap sebagai salah satu modal politik Andi Utta dalam menatap Pilkada mendatang.

"Indikasi ke arah itu (akan mengendarai Gerindra pada Pilkada mendatang) kuat. Artinya pak Bupati (Andi Utta) menanam investasi politik sebagai modal menuju Pilgub (atau Pilbup)," jelasnya.

Jika demikian, kata Firdaus, Andi Utta juga meski bekerja maksimal dalam membantu tujuan politik Partai Gerindra khususnya di Sulsel.

"Pak Bupati harus all out dukung Prabowo dan Caleg Gerinda agar kursi di DPRD Sulsel bertambah sehingga peluang maju ke depan makin terbuka," tukasnya. (****)

  • Bagikan