Pemdes Padangloang Salurkan BLT-DD untuk 24 KK

  • Bagikan
Penyaluran BLT-DD di Desa Padangloang, Kecamatan Ujungloe.

UJUNGLOE,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Padangloang, Kecamatan Ujungloe, segera menyalurkan BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) tahap ketiga, yanki bulan Juli, Agustus dan September. Bantuan ini diberikan kepada 24 KK (Kepala Keluarga).

"Yang telah kami salurkan sampai tahap kedua. Secara keseluruhan anggaran desa yang kami alokasikan untuk BLT-DD tahun ini sebesar Rp 86.400.000, dengan rincian setiap KPM menerima bantuan dana sebesar Rp 300.000 per bulan," kata Kepala Desa Padangloang, Muhammad Rizal, Senin 18 Agustus.

Pada proses penyaluran bantuan ini, Rizal mengaku turun langsung menyerahkan kepada warga yang tercatat sebagai KPM. Hal ini dimaksudkan agar bantuan tersebut tepat sasaran.

"Kalau misalnya pada hari penyaluran bantuan, ada KPM yang berhalangan hadir di kantor desa, saya yang langsung bawakan ke rumahnya," jelasnya.

Rizal menambahkan, pengalokasian anggaran desa untuk BLT-DD diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana desa tahun 2023. Dalam  peraturan tersebut diatur bahwa alokasi dana desa untuk kebutuhan BLT-DD minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari pagu Dana Desa.

Berdasarkan aturan tersebut, kriteria penerima manfaat BLT dana desa ini, yakni keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa setempat. Diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

"Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban warga yang termasuk kategori keluarga miskin atau tidak mampu, dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, seperti keperluan untuk membeli sembako. (*).

  • Bagikan