Penyambutan Maba UMB Diwarnai Aksi Demonstrasi, Tuntut Transparansi Anggaran Kampus

  • Bagikan
Aksi demonstrasi oleh mahasiswa UMB menyambut kedatangan Maba, Senin, 2 Oktober 2023

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Penyambutan mahasiswa baru (Maba) Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) diwarnai dengan aksi demonstrasi oleh sekelompok mahasiswa yang mengatasnamakan diri Aliansi Protes Mahasiswa UMB. Aksi tersebut berlangsung di Kampus II UMB Bulukumba pada Senin, 2 Oktober 2023.

Dalam aksi penyambutan mahasiswa baru ini, Aliansi Protes Mahasiswa UMB memberikan gambaran situasi di UMB serta menyampaikan serangkaian tuntutan kepada pimpinan kampus.

Beberapa tuntutan yang diajukan mencakup manajemen keuangan, transparansi anggaran, dan memberikan hak kepada organisasi kemahasiswaan (Ormawa) untuk mengawal aktivitas kemahasiswaan di kampus.

Jenderal Lapangan (Jenlab) Awal,  menegaskan bahwa tuntutan pihaknya itu lahir dari keresahan bersama sebagai bagian dari perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk mengawal kebijakan kampus.

"Tuntutan yang kita bawa itu murni lahir dari keresahan kita bersama sebagai bagian dari perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk mengawal setiap kebijakan kampus," tegas Awal.

Meski aksi ini awalnya dijelaskan sebagai aksi damai, namun sempat terjadi ancaman dan tindakan pemukulan terhadap peserta aksi saat menyampaikan orasinya.

Tindak intimidasi dan kekerasan terhadap peserta aksi ddiduga dilakukan oleh beberapa oknum dosen dan Kaprodi, bahkan dari pihak rektorat kampus.

Rektor UMB, Jumase Basra, tidak memberikan tanggapan yang jelas terkait beberapa tuntutan, termasuk transparansi anggaran yang tidak dapat dipenuhi saat ini.

Tuntutan mahasiswa mencakup perbaikan pelayanan administrasi kampus, perbaikan fasilitas belajar mengajar, penurunan biaya pendidikan, audit keuangan internal, dan profesionalitas dosen dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, mereka juga menuntut pimpinan kampus untuk tidak hanya menjadikan Ormawa sebagai persyaratan administratif akreditasi kampus dan memberikan anggaran yang rasional kepada setiap Ormawa yang telah dibentuk oleh kampus.

Aksi ini juga mengutuk tindakan intimidasi terhadap mahasiswa yang menyuarakan pendapat di muka umum.

Mahasiswa UMB berkomitmen untuk memperjuangkan mutu pendidikan di kampus mereka dan menuntut perhatian dari pimpinan kampus untuk mahasiswa berprestasi dengan memberikan penghargaan dan apresiasi yang seharusnya mereka dapatkan.***

  • Bagikan