Lestarikan Bahasa Daerah Melalui Festival Tunas Bahasa Ibu

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, menggelar  Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat. Kegiatan ini berlangsung di SDN 160 Tarampang Bulukumba, Sabtu 14 Oktober 2023.

Ketua Panitia, Muhammad Yusran mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program KKKS. Kegiatan ini berjenjang mulai tingkat kecamatan, Klkabupaten hingga tingkat provinsi. Jenis lombanya, yaknj cerpen, mendongeng, komedi tunggal, dan pidato dengan metode lomba yang digunakan masing-masing peserta menggunakan bahasa daerah.

"Salah satu tujuannya adalah menjadikan generasi muda sebagai penutur aktif bahasa daerah dan mempelajari bahasa daerah yang menyenangkan dan menemukan fungsi dan ranah baru dari sebuah bahasa dan sastra daerah," ucap Yusran.

Selain itu, kegiatan inj juga sebagai upaya menjaga kelestarian bahasa daerah, misal Bahasa Bugis, Makassar dan Konjo dan lainnya. Yusran berharap para guru  khususnya diKecamatan Bontobahari dapat memberikan pembelajaran bahasa daerah kepada siswa dengan dialek yang benar sesuai dengan lingkungannya.

"Peserta didik perlu tahu tentang bahasa daerah masing-masing  karena pada umumnya sudah menggunakan Bahasa Indonesia," harapnya.

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan