Siswa SMAN 17 Makassar Demo, Tuntut Kepala Sekolah yang Dinilai Otoriter

  • Bagikan
Demo dilakukan siswa-siswi SMAN 17 Makassar, Senin 16 Oktober 2023.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Siswa siswi SMAN 17 Makassar melakukan unjuk rasa di lapangan upacara sekolah mereka, Senin 16 Oktober 2023. Unjuk rasa yang dilakukan ratusan siswa ini terjadi karena para siswa menganggap kepala sekolah selama ini berlaku arogan dan otoriter.

Dari video yang beredar di grup whatsapp, tampak siswa memegang spanduk bertuliskan "Tolak Otoriter", "Usut Tuntas, Persetan Reputasi".

Salah seorang siswa yang melakukan orasi menyebutkan bahwa mereka capek sudah berbulan-bulan berada di bawah penderitaan dan tekanan. Mereka juga meminta agar dilakukan pengusutan berbagai masalah yang terjadi di sekolah tersebut.

Dari rekaman video terdengar suara salah seorang guru meminta para siswa untuk menyampaikan aspirasi di aula bukan di lapangan sekolah. "Silakan anak-anakku sekalian menyampaikan aspirasinya di aula," ujar guru tersebut.

Beberapa bulan lalu demo juga digelar karena adanya 40 lebih siswa yang masuk lewat jalur 'siluman'. Salah seorang orang tua siswa mengaku persoalan di SMAN 17 Makassar sebenarnya sudah lama. "Masalahnya macam-macam. Sudah beberapa kali demo kan. Tapi baru kali ini siswa sendiri yang melakukan demonstrasi. Berarti ini sudah parah banget," katanya.

Pihak SMAN 17 sendiri yang berusaha dihubungi belum memberikan tanggapan. (nad)

  • Bagikan