Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan
Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara menyematkan pita kepada anggota, tanda operasi mantap brata 2023-2024 dimulai.





BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara, memimpin apel gelar pasukan operasi mantap Brata 2023-2024. Kegiatan dilakukan di lapangan apel, Mapolres Bantaeng, Sulawesi Selatan, 17 Oktober 2023.


Apel gelar pasukan operasi mantap brata, merupakan persiapan untuk menyambut pesta demokrasi lima tahunan, pada tahun2024.


Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Eka Agus Indarta, Kasatpol PP dan Damkar, Jaemuddin, Kadis Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 



Pada kesempatan tersebut, Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara, membacakan amanat seragam Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo. Apel gelar pasukan adalah bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras operasi mantap Brata 2023-2024 sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar aman dan lancar.


"Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan seluruh menjadi titik penentuan masa depan bangsa," Kapolres Bantaeng, meneruskan amanat Kapolri.



Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024 operasi, ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.


Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah zonasi bagi personil korps Brimob polri, juga menyiapkan 2000 personil Brimob power on hand Kapolri serta 8500 personil dalmas nusantara yang siap dimobilisasi.

"Operasi mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," jelas Kapolres Bantaeng.

Kapolres juga menyampaikan pesan Kapolri agar mengoptimalkan preventif strike, tidak ada letupan sekecil apapun pada pemilu 2024.

Sementara terkait tindak pidana pemilu lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar, serta unduh agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga dan mendapatkan legitimasi dari masyarakat.


Sebelumnya pada Rapat Koordinasi (Rakor) jelang operasi Mantap Brata, Kapolres Bantaeng, AKBP Andi Kumara mengatakan sinergitas lintas sektoral dalam mewujudkan Pemilu 2024 aman, damai, jujur, adil dan stabilistas kamtibmas tetap terjaga. 


“Untuk di Kabupaten Bantaeng, jumlah keseluruhan TPS (Tempat Pemungutan Suara, red) sebanyak 526, sehingga diharapkan Stakeholder dan unsur terkait dengan di dasari rasa kebersamaan dan persaudaraan, agar mampu bersinergi untuk melaksanakan upaya antisipasi dan pengamanan menjelang ataupun saat pemilu 2024”, kata Kapolres AKBP Andi Kumara, beberapa waktu lalu. (mad/has/b)

Penulis: Ahmad ZhuhriEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan