SMAN 3 Bulukumba Juara 1 LKTI Biorecycle Sulselbar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMAN 3 Bulukumba, berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilimiah (LKTI) Biorecycle tingkat Provinsi se Sulawesi Selatan dan Barat. Kegiatan yang digelar Universitas Negeri Makassar (UNM) berlangsung pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Pembina KTI SMAN 3 Bulukumba, Riswanto mengaku bangga dengan  prestasi yang diraih siswanya. Keberhasilan ini, kata dia, adalah bukti kerja keras, dedikasi, dan semangat belajar yang tiada henti.

"Semangatnya telah mengilhami teman-teman sebaya dan menjadi contoh terbaik dari potensi yang ada dalam setiap siswa," ujarnya, Minggu 22 Oktober 2023.

Riswanto menjelaskan,  judul KTI yang diusung adalah Ecopabag atau Eco Paper Bag. Ini merupakan paper bag yang dapat bertransformasi menjadi media tanam buah dan pohon peneduh dari daur ulang limbah kertas sebagai solusi pengganti kantong plastik.

"Ini terinspirasi dari kampanye pemerintah mengganti kantong plastik belanjaan menjadi kantong paper bag yang dapat mudah terurai di lingkungan," jelasnya.

Namun, lanjut Riswanto, bahan baku paper bag dari kertas yang bersumber dari serat tanaman seperti pohon dan seterusnya akan mengakibatkan deforestasi hutan. Maka muncullah ide memanfaatkan limbah kertas kantor-kantor, sekolah dan rumah tangga untuk di daur ulang jadi kertas paper bag yang bisa bertransformasi menjadi tanaman buah dan tanaman peneduh.

"Dengan begitu, inovasi ini berkontribusi dalam meminimalisir penggunaan kantong plastik dan berkontribusi dalam reboisasi, konservasi dan penghijaun untuk bumi dimasa yang akan datang," bebernya.

Riswanto mangatakan dalam kegiatan ini setiap sekolah mengutus 1 tim. Masing-masing tim terdiri atas tiga orang. Tim SMAN 3 Bulukumba sendiri, yakni Andi Adeha Ridwan, Rizky Fahrani Amalia dan Anggun Indira Rayni.

"Semoga keberhasilan ini adalah awal dari perjalanan cemerlangnya dalam menggapai mimpi-mimpi besar mereka dimasa yang akan datang," harapnya.(***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan