Abdul Rauf Dorong Pemuda Kuasai Literasi Digital

  • Bagikan

GOWA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID---Penguasaan teknologi informasi dan literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi oleh pemuda. Kontestasi di sektor ini menjadi kunci lompatan kemajuan suatu bangsa di masa yang akan datang.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menyampaikan hal tersebut saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Sabtu 28 Oktober 2023.

"Kecepatan laju perkembangan teknologi dapat membuat kesenjangan yang besar dalam penguasaan informasi. Oleh karena itu, harus terus diimbangi dan diseriusi," ujar Abd Rauf dalam sambutannya.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan kemajuan teknologi ini meniscayakan optimalisasi penggunaan artificial intelligence untuk memudahkan pelayanan publik di masa yang akan datang.

Lanjutnya, setiap pemuda perlu memiliki visi strategis yang jelas dalam menyongsong pembangunan. Peran pemuda perlu dispesifikkan sebagai penggerak dalam perputaran mesin kemajuan.

Apalagi menurutnya, para digital native ini adalah orang-orang yang akan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

"Yang paling sederhana tetapi ampuh tentu dengan tolong menolong lintas generasi dan lintas sektor. Agar semua dapat maju bersama, sejahtera bersama," tutur Ketua PMI Kabupaten Gowa ini.

Dengan tema "Bersama Majukan Indonesia" pada Peringatan Sumpah Pemuda kali ini, Wakil Bupati Gowa juga menekankan pentingnya menghormati segala perbedaan yang ada. Bahkan menurutnya, heterogenitas inilah yang menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia untuk bersama-sama memajukan Indonesia.

"Sekarang perbedaan adalah kekuatan, bukan sesuatu yang dikhawatirkan. Justru adanya kemiskinan, pengangguran, hoax, serta sejumlah problem lainnya, itu yang harus diwaspadai," terang Karaeng Kio' sapaan akrabnya.

Secara historis, ia juga menambahkan bahwa api semangat gotong royong para pemuda yang berkongres di tahun 1928 perlu tetap dijaga nyalanya sebagai bentuk menjaga persatuan bangsa dan negara Republik Indonesia. (***)

  • Bagikan