Siswa SMAN 1 Bulukumba Dilatih Menulis KTI

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --Siswa SMAN 1 Kabupaten Bulukumba, mengikuti pelaksanakan Perkemahan Ilimiah Remaja (PIR) internal. Kegiatan berlangsung mulai Kamis 2 hingga 5 November 2023.

Ketua Panitia, Sufri Asmin mengatakan, kegiatan ini bertujuan  untuk membimbing dan melatih  kemampuan siswa dalam membuat karya ilmiah dan inovasi. Sehingga bisa melahirkan generasi yang kreatif, inovatif dan inspiratif. 

"Ini akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk melakukan penelitian kepada masyarakat, mencari masalah serta menemukan potensi di suatu daerah. Lalu dapat berlatih metode KIR seperti melakukan observasi dan menyiapkan pertanyaan yang berbobot sehingga mendukung data-data yang ingin diperoleh," ujarnya, Jumat 3 November 2023.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan berbagai pemateri, salah satunya, Kasi SMA Wilayah V Bantaeng Bulukumba dan Sinjai, Arafah. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik dan perlu dikembangkan ke depan bahkan jika perlu bukan hanya sekadar internal saja tetapi termasuk mengundang beberapa sekolah yang ada di wilayah V ini khususnya

"Saya mengapresiasi sekaligus merespon dan berharap bahwa sekolah-sekolah yang lain juga melakukan kegiatan-kegiatan yang serupa. Tentunya dalam rangka menyalurkan bakat dan  aspirasi siswa yang berminat dalam bidang menulis seperti Karya Tulis ilmiah," kata Arafah.

Menurutnya, meski disadari  ada banyak jalan untuk berprestasi. Namun setidaknya mereka yang berbakat dalam KTI dan merupakan wadah yang menarik. Salah satu indikator yang perlu dipahami oleh siswa bahwa dalam menulis KTI itu tidak hanya sekadar mengobarkan sebuah konsep tetapi konsep yang dikemukakan itu adalah merupakan hal yang harus dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Jadi karya kita itu ibaratnya adalah sebuah anakandung yang harus kita pertanggungjawabkan itu secara moral, sehingga cermin dasar yang menjadi acuan dalam membangun sebuah ide menjadi kerangka kerangka yang pada akhirnya menjadi sebuah karya tulis ilmiah," paparnya.(***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan