Pemdes Kambuno Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan

  • Bagikan
Pelatihan pembuatan pakan ikan air tawar di Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa.

BULUKUMPA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- 

Pemerintah Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, menggelar pelatihan pembuatan pakan ikan air tawar. Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kambuno.

Kepala Desa Kambuno, Syahrullah Syam mengatakan peserta dalam kegiatan ini adalah para peternak ikan di 3 dusun di Desa Kambuno. Menurutnya kendala utama dalam beternak ikan adalah harga pakan yang sangat mahal sehingga menyulitkan pelaku pembudidaya ikan air tawar dalam mengolah empang mereka.

"Kendala para peternak selama ini adalah harga pakan. Dengan adanya pelatihan pembuatan pakan makan permasalahan mereka bisa teratasi," katanya.

Narasumber dari  Dinas Perikanan, Hastia mengatakan, dalam pelatihan ini tidak hanya fokus pada pakan saja, tetapi juga pada pengelolaan dan pencegahan penyakit. Termasuk kendala lainnya yang sering dialami oleh para pembudidaya ikan di Desa Kambuno.

" Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya penyakit bintik putih pada sisik ikan. Itu adalah virus jadi pencegahannya adalah pisahkan ikan yang terkena virus dan rutin mengganti air dalam kolam atau empang ikan," tambahnya.(*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan