SMPN 32 Bulukumba Gelar Karya Kewirausahaan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMP Negeri 32 Kabupaten Bulukumba, meggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa. Kegiatan dengan tema "Kewirausahaan", berlangsung di halaman sekolah, Sabtu 18 November 2023.

Kepala SMPN 32 Bulukumba, Umar Tawakkal mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi atas ide atau inovasi yang telah dikembangkan oleh siswa sesuai dengan kelompoknya masing-masing baik berupa olahan makanan, dan minuman. Menurutnya, dalam gelar karya selama dua hari ini melibatkan siswa untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkungan kecil, mengasah jiwa wirausaha sejak dini, mengajarkan sikap jujur, kreatif, kerjasama dan tanggungjawab serta semangat pantang menyerah dalam berwirausaha.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan keterampilan dan sikap siswa dalam melaksanakan projek kewirausahaan. Salah satu bentuk praktek kewirausahaan dengan menjajakan jualan hasil karyanya seperti, bakso bakar atau goreng, es buah, martabak, rujak, kerupuk, pisang coklat, dan makanan ringan lainnya," ungkapnya, Minggu 19 November 2023.

Umar menjelaskan di dunia pendidikan, wirausaha telah dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran. Tujuannya yaitu melahirkan siswa-siswi yang siap untuk berwirausaha. 

"Untuk itu, karakteristik wirausaha pada siswa perlu diterapkan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah, dengan harapan agar mereka menjadi terbiasa untuk menerapkannya dan memiliki karakter yang siap menjadi wirausaha," tambahnya.

Melalui kegiatan, Umar  berharap, siswa bisa lebih semangat, dimana

di kurikulum merdeka ini, bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaannya disamping akademisnya, dan mampu mengelola kewirausahaannya ke depan. 

"Dalam kegiatan P5 ini juga diambil penilaian dalam bentuk raport setahun sekali. Tpi yang dinilai bukan hasil akhirnya tetapi proses pemahaman mereka selama ini, kemandirian dan kreativitas juga dinilai didalamnya.," bebernya.(***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan