Sekda Buka Bimtek Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Sinjai

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawei Selatan (Sulsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten, Senin, 20 Nobember 2023 di Aula Hotel Grand Rofina Sinjai.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari sampai tanggal 21 November 2023 ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

Dalam sambutannya, Andi Jefrianto Asapa mengapresias DPK Sulsel yang telah melaksanakan Bimtek Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kabupaten Sinjai.

Tentunya ia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan bagi para peserta maupun bagi aparatur pemerintah khususnya yang ada di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Dijelaskan bahwa indek literasi masyarakat menjadi tolak ukur kemajuan suatu daerah dalam menghadapi dinamika global.

Literasi menurutnya tidak haya sebatas kemampuan membaca dan menulis tetapi juga mencakup pemahaman informasi, kecakapan berkomunikasi dan kemampuan berfikir kritis.

“Untuk itu melalui kegiatan ini, kita berkomitmen untuk meningkatkan kuaitas literasi masyarakat khususnya di Kabupaten Sinjai,” jelas Sekda mewakili Pj Bupati Sinjai.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Sinjai telah berkomitmen meningkatkan indeks literasi masyarakat melalui berbagai intervensi yang memadai, seperti melalui kegiatan perpustakaan keliling ataupun pemanfaatan tehnologi digital yang telah disiapkan oleh pemerintah.

“Jadi sekarang tantangan kita adalah bagamana meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Syamsul Arif selaku ketua panitia sekaligus Koordinator Pustakawan Provinsi Sulsel menjelaskan bahwa dengan kegiatan ini bagaimana memberikan pemahan kepada masyarakat tentang pentingnya peningkatan literasi masyarakat.

“Dimana kita ketahui, semakin tinggi literasi masyarakat maka perubahan dalam sistem pemerintahan akan berjalan dengan baik

termasuk peningkatan ekonomi masyarakat dan bahkan dengan pemahaman literasi juga mampu menurungkan angka stunting,” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar seratus peserta, baik penggiat literasi maupun masyarakat umum lannya. kegiatan ini menghadirkan empat orang narasumber dari pustakawan provinsi Sulsel.

Acara pembukaan turut dihadiri Kadis Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai, Abdul Azis Amin. (mul/has/B)

  • Bagikan