KPU Gelar Sosialisasi Pemilu dan Pendidikan Pemilih Secara Serentak

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ribuan peserta mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Bulukumba, secara berjenjang melalui Badan Adhoc di Seluruh Kantor Sekretariat PPK & PPS se-kabupaten Bulukumba.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih merupakan salah satu program kerja KPU yang dilaksanakan secara berkelanjutan sepanjang berjalannya tahapan pemilu maupun diluar tahapan pemilu.

Wamil Nur, anggota KPU Bulukumba mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dilaksanakan secara serentak merupakan bentuk pelibatan anggota badan Adhoc KPU, dalam mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat desa dan kecamatan.

"Dalam kegiatan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih memang rutin dilaksanakan setiap bulannya, dengan segment sasaran yang berbeda, bulan oktober kemarin seluruh anggota Badan Adhoc fokus pada pemilih pemula, pemilih disabilitas dan pemilih marjinal," ungkap dia.

Dia menambahkan berdasarkan data hasil pengisian kuesioner di Aplikasi Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (SI Parmas), ada kurang lebih tiga ribu peserta yang terekam secara otomatis setelah mengisi kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih.

Pimpinan KPU Bulukumba, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM itu menjabarkan bahwa kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih bulan November ini, menyasar pemilih perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi maupun komunitas perempuan lainnya.

"Dalam pelaksanaan sosialisasi pemilu ini setiap PPS diminta untuk menghadirkan 20 peserta setiap desa dan bagi PPK sebanyak 30 peserta per kecamatan, sehingga secara akumulatif peserta sosialisasi yang tersebar di 146 tempat kegiatan diperkirakan dihadiri kurang lebih 3 ribu peserta," jelasnya.

Terakhir dia menambahkan bahwa dengan pelibatan Badan Adhoc dalam pelaksanaan sosialisasi pemilu dan pendidikan pemilih, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam seluruh pelaksanaan tahapan pemilu dan yang paling utama semoga dihari pemungutan suara tingkat kehadiran masyarakat ke TPS dapat sesuai target. (mad/has/B)

  • Bagikan