Disdukcapil Siapkan 3.000 Blangko e-KTP Fasilitasi Pemilih Pemula di Jeneponto

  • Bagikan

JENEPONTO, RADARSELATAN -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menyiapkan 3.000 blangko e-KTP bagi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Langkah ini sekaligus untuk memfasilitasi hak para pemilih pemula. 

Saat ini, layanan perekaman e-KTP oleh Disdukcapil Jeneponto dilakukan dengan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah.

"Kami sudah jadwalkan semua sekolah tingkatan SMA," kata Kadisdukcapil Jeneponto, Mustaufiq, Sabtu, 2 Desember 2023.

Ditambahkan, layanan perekaman KTP elektronik ini tidak hanya berlaku untuk para siswa yang sudah berusia 17 tahun. Namun juga para siswa yang saat ini berusia 16 tahun tetapi pada saat Pemilu 2024 sudah berusia 17 tahun. 

"Jadi Dinas Dukcapil akan prioritaskan bagi pemilih pemula yang mana pada tanggal 14 Februari nanti sudah cukup usia untuk memilih," ungkapnya. 

Selain siswa SMA, pihaknya juga menarget mahasiswa yang ber kampus di Jeneponto. Ia mengaku perekaman ini selesai sebelum pemungutan suara nanti.

"Selain itu kita akan sambangi seluruh sekolah dan perguruan tinggi dengan program Goes To School and campus untuk menyasar para wajib pilih pemula," jelasnya. 

Kendati demikian, pihaknya tetap membuka pelayanan di kantor bagi masyarakat umum yang akan mengurus administrasi kependudukan.  

"Semoga program kami ini bisa berjalan dengan lancar, mohon doa-nya," tandasnya. (akb/has/B)

Penulis: Akbar RazakEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan