Brain Gym Efektif Tingkatkan Konsentrasi Pasien Skizofrenia di RSKD Dadi

  • Bagikan
Kegiatan Brain Gym oleh Mahasiswa KKP Fakultas Psikologi UNM di RSKD Dadi Makassar

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FP) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menggelar kegiatan senam jasmani dan senam otak atau brain gym untuk para pasien skizofrenia di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan dalam rangka Program Kerja (Proker) KKP itu digelar secara rutin selama tiga kali pertemuan pada November 2023.

Andi Afika Faradiba selaku Mahasiswa KKP FP UNM menjelaskan bahwa penerapan metode brain gym itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan konsentrasi pasien skizofrenia.

Andi Afika menyatakan bahwa rutinitas senam jasmani membantu dalam memperbaiki pola tidur dan meningkatkan energi, sementara senam otak dapat melatih fokus dan konsentrasi para pasien.

Menurut Afika, program tersebut bukan sekedar rutinitas fisik, tetapi juga mempertimbangkan latihan mental yang dirancang khusus untuk merangsang aktivitas otak.

"Senam otak melibatkan serangkaian gerakan dan aktivitas yang telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif pasien," jelas Afika.

Setelah dilakukan observasi, kata Afika, pasien yang rutin mengikuti program senam menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mereka untuk mempertahankan perhatian dan fokus selama periode yang lebih lama.

Selain itu pula, kegiatan itu juga membawa manfaat sosial, membantu pasien untuk merasa lebih terhubung dengan lingkungan sekitar dan memperkuat rasa percaya diri mereka.

Dalam upaya untuk mengembangkan pendekatan yang lebih holistik teprhadap perawatan pasien skizofrenia, Afika berharap agar RSKD Dadi dapat memperluas program senam tersebut.

Bagi RSKD Dadi, keberhasilan program senam ini adalah tonggak penting dalam memperkuat pendekatan perawatan yang lebih holistik dan berfokus pada kesejahteraan keseluruhan pasien skizofrenia. ***

  • Bagikan