Gowa Butuh 2 Juta Lebih Surat Suara di Pemilu 2024

  • Bagikan

GOWA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID----Pemilu 2024 semakin dekat. Berbagai persiapan sudah dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa.

Mulai dari membuka rekrutmen anggota KPPS hingga menyiapkan logistik untuk kebutuhan pemilu seperti bilik suara, kotak suara dan surat suara.

Untuk bilik suara pemilu 2024 sudah tiga di Kabupaten Gowa. Jumlahnya mencapai 8 ribu lebih.

"Bilik suara sudah tiba. Jumlahnya 8 ribu. Yang belum tiba itu kotak suara dan surat suara," kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Gowa Suardi Mansing, Selasa 12 Desember 2023.

Dia menyebutkan, kebutuhan kotak suara sendiri untuk di Kabupaten Gowa itu sebanyak 10 ribu lebih. Sementara surat suara sebanyak 2 juta lebih.

"Khusus di Gowa itu jumlah kebutuhan surat suara sebanyak 2 juta lebih. Untuk kotak suara 10 ribu lebih," ujarnya.

Menurut dia, tingkat kebutuhan yang cukup besar ini diakui Suardi lantaran mengikut pada jumlah pemilih di Gowa mencapai 561.624 jiwa. Para wajib pilih ini tersebar di 18 kecamatan, 167 desa kelurahan dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) sebanyak 2.133.

"Kenapa sampai diestimasi kebutuhan surat suara hingga 2 juta lembar, karena jumlah ini untuk mengakomodir surat suara rusak atau margin error lainnya serta adanya penambahan 2 persen untuk pemilih tambahan setiap TPS dimana terdapat daftar pemilih khusus dan pemilih tambahan," jelasnya.

"Iya kita membutuhkan surat suara sebanyak dua juta lembar dan itu belum termasuk pemilih tambahan dan pemilih khusus. Jadi setiap TPS itu disiapkan tambahan surat suara 2 persen utk daftar pemilih khusus dan pemilih tambahan," tambahnya. (***)

  • Bagikan