Pj Bupati Sinjai Launching Revitalisasi TPI Tongke-Tongke dan Pasar Maroanging

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali mengoptimalkan pemanfataan Tempat Pelalangan Ikan (TPI) Tongke-Tongke dan Pasar Maroanging di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur.Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Optimalisasi pemanfaatan TPI dan Pasar Maroanging ini ditandai dengan Launching Revitalisasi yang dilakukan langsung oleh Pj Bupati Sinjai , TR Fahsul Falah, Senin, 1 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Sinjai menegaskan pentingnya revitalisasi ini. Menurutnya, selain dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat juga sebagai optimalisasi PAD Kabupaten Sinjai.

“Ini adalah langkah awal kita bagaimana memanfaatkan kembali TPI dan pasar maroanging yang selama ini belum optimal,” terangnya.

Dikatakan bahwa untuk kedepannya perlu dilakukan perbaikan dalam operasionalaya, karena mengingat fasilitas yang sudah ada perlu pemeliharaan dan penambahan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu dengan adanya kegiatan pasar rakyat dikompleks TPI ini tentu juga sangat mendukung pengembangan TPI ke depannya,

“Semoga dengan adanya fasilitas TPI dan pasar ini usaha masyarakat dapat lebih berkembang dan meningkat. Karena itu mari kita jaga, memelihara dan memanfaatkan fasilitas TPI tongke tongke ini dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan Sinjai, Syamsul Alam menyebutkan bahwa usaha masyarakat sektor kelautan dan perikanan di wilayah desa tongke-tongke ada berbagai macam, namum didominasi oleh usaha penangkapan ikan (nelayan).

“Seperti diketahui bahwa potensi perikanan di desa tongke-tongke ini sangat besar, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidayanya,” sambungnya.

Dengan difungsikannya kembali TPI ini terutama dalam pemberian pelayanan bongkar muat ikan dan pemasarannya bagi nelayan, juga diharapkan dapat mendorong peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat disekitar TPI Tongke-tongke.

Launching revitalisasi TPI Tongke-tongke dan Pasar Maroangin ini turut dihadiri Forkopimda, Para Asisten Setdakab Sinjai, segenap Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai, Camat Sinjai Timur, Kepala Desa Tongke-tongke dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Sinjai juga berdialog dengan masyarakat. (mul/has/B)

Penulis: BASO MAREWAEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan