Penilaian Adipura, DLHK Terus Berbenah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba intensif melakukan persiapan untuk penilaian Adipura 2023. Kepala Dinas, Andi Uke Indah Permatasari, bersama sekretaris Muh. Salman dan petugas DLHK, melaksanakan penataan Taman Kota Bulukumba, Kamis, 11 Januari 2024.

Pengecatan kembali pagar taman menjadi salah satu langkah dalam pembenahan ini. Andi Uke Indah Permatasari menyatakan bahwa penataan taman merupakan bagian dari upaya persiapan penilaian Adipura 2023 yang dijadwalkan pada Januari hingga Februari.

DLHK tidak hanya fokus pada taman, melainkan juga melakukan perbaikan sarana dan prasarana lain yang akan dinilai oleh tim Adipura, termasuk tempat pembuangan sampah, kantor pemerintah, pasar, dan lingkungan masyarakat.

"Kami memaksimalkan pada titik penilaian dengan mengacu pada komponen dan sub komponen yang menjadi indikator penilaian," ungkap Andi Uke.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, Andi Uke dan tim DLHK optimis bahwa Kabupaten Bulukumba dapat mempertahankan predikat Adipura pada tahun 2023.

Adipura adalah instrumen pengawasan kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

Sebelumnya, Kabupaten Bulukumba berhasil dianugerahi Adipura tahun 2022. Raihan ini merupakan prestasi yang diraih kembali sejak 3 tahun lalu.

Kala itu penghargaan Adipura tahun 2022 dijemput langsung oleh Bupati Bulukumba di Gedung Manggala Wanabakti pada, Selasa, 28 Februari 2023. (ewa/has/B)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan