Bulukumba Masuki Musim Rawan Bencana, Pasukan Gabungan Disiagakan

  • Bagikan
Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Makodim Bulukumba, Rabu, 17 Januari 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Polres Bulukumba dan Kodim 1411 Bulukumba mengambil langkah proaktif dengan menyiagakan pasukan guna mengantisipasi potensi bencana alam di Kabupaten Bulukumba. Pasukan disiapkan melalui apel yang digelar di Makodim 1411 Bulukumba pada Rabu, 17 Januari 2024.

Apel siaga ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bulukumba, Andi Erma Suryono, dengan dihadiri oleh peserta apel dari anggota Kodim 1411/Blk, personel Polres Bulukumba, Satpol PP/Damkar, BPBD, dan Tagana Kabupaten Bulukumba.

Kapolres menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam serta memberikan pertolongan kepada yang terdampak.

"Saat ini, kita memasuki musim penghujan dengan potensi cuaca ekstrim dan dampak seperti angin kencang, banjir, dan longsor. Oleh karena itu, persiapan yang matang perlu dilakukan untuk menanggulangi bencana," ujar Kapolres.

Dalam arahannya, Kapolres mengajak semua pihak terlibat untuk saling berkoordinasi, bekerjasama, dan gotong royong dalam melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut.

Pihaknya berharap agar persiapan yang baik dapat mendukung kelancaran evakuasi dan penanganan bencana alam.

Seusai apel, Kapolres Bulukumba melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan personel dan kelengkapan sarana-prasarana yang akan digunakan dalam menghadapi potensi bencana alam.

Langkah tersebut menjadi bagian dari upaya preventif guna memastikan kesiapan masyarakat terhadap ancaman alam yang dapat timbul sewaktu-waktu.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba juga telah menyipakan langkah mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu bisa terjadi di tengah pergantian musim saat ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Sulsel untuk awal Januari 2024.

Dalam rilis yang dikeluarkan, sejumlah wilayah di Sulsel diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Termasuk di Kabupaten Bulukumba, berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID sudah mulai dilanda hujan dengan instensitas ringan hingga sedang yang dibarengi dengan angin kencang.

Plt Kepala BPBD Bulukumba Andi Zulkifli Indrajaya mengungkapkan pihaknya menyiagakan pasukan satu kali 24 jam demi mengantisipasi jika terjadi bencana.

Selain itu, pihak BPBD juga senantiasa berkoordinasi dengan institusi lainnya sebagai upaya persiapan menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Kita Siaga dan sudah menyiapkan kelengkapan yang dimiliki untuk dimaksimalkan dalam penangangan saat terjadi bencana," ungkap Andi Kifli saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Rabu, 10 Januari 2024.

Andi Kifli juga mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi situasi kebencanaan.

Masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan mengantisipasi apabila curah hujan lebat khususnya untuk daerah yang sering terjadi bencana.

Serta, menghindari tempat-tempat yang rawan bencana baik itu longsor maupun banjir, serta memantau perkembangan situasi melalui media yang terpercaya. ****

  • Bagikan