Pekan Ini, Kapolda Sulsel Bakal Berkunjung ke Bulukumba

  • Bagikan
Irjen Andi Rian

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Andi Rian akan berkunjung perdana di Kabupaten Bulukumba. Kunjungannya dijadwalkan, pada Kamis, 25 Januari 2024.

Pria bernama lengkap Andi Rian Ryacudu Djajadi itu baru bertugas menjadi Kapolda Sulsel menggantikan Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso pada akhir Desember 2023.

Untuk pertama kalinya, pria kelahiran kota Makassar tersebut akan melakukan kunjungan kerja sebagai Kapolda Sulsel di Polres Bulukumba.

Kapolres Bulukumba, AKBP Andi Erma Suryono melalui Kabag Ops, AKP Andi Huseng membenarkan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan penyambutan Kapolda.

"Benar Pak Kapolda (Irjen Andi Rian) akan berkunjung, dan kami siap kapan pun menyambut kedatangan Kapolda," kata AKP Andi Huseng saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Terkait bagaimana seremonial penyambutan dan apa agenda Kapolda di Kabupaten Bulukumba, AKP Andi Huseng belum mau mengonfirmasikan.

"Intinya kami siap saja menunggu kunjungan Kapolda, dan Insya Allah kami siap menunggu," singkatnya.

Diketahui, Irjen Andi Rian merupakan putra kelahiran Sulsel, ia lahir di Makassar pada 25 Agustus 1968 silam. Ia merupakan alumni dari SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar tahun 1987.

Setelah menamatkan pendidikan di SMANSA Makassar, Andi Rian melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol). Irjen Andi Rian yang merupakan teman satu angkatan Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu selesai menempuh pendidikan Akpol pada 1991.

Irjen Andi Rian kemudian memulai karirnya di kepolisian sebagai Pamapta Polres Kotabaru Polda Kalsel tahun 1992. Tahun berikutnya ia menempati jabatan sebagai Kapolsek Batulicin, Polres Kotabaru.

Namun pengalaman Irjen Andi Rian dalam menangani kasus kriminal dimulai saat ia menjadi Kasubbag Bin Ops Bagres Narkoba Polda Kalteng tahun 1995. Kiprahnya dalam menangani kasus kriminal terus menanjak hingga pada tahun 2017, yakni saat ia dipercayakan sebagai Dirreskrimum Polda Sumatera Utara.

Karir Irjen Andi Rian menangani kasus kriminal terus melejit saat menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri tahun 2020, lalu dimutasi menjadi Karokorwas PPNS Bareskrim Polri. Masih pada tahun yang sama, Irjen Andi Rian dipindahtugaskan lagi ke Dirtipidum Bareskrim Polri.

Saat di Bareskrim Polri inilah Andi Rian ikut menangani kasus pembunuhan berencana oleh Ferdy Sambo. Ia terlibat dalam tim penyidik yang dibentuk oleh Jenderal Sigit dan dipimpin oleh Wakapolri Komjen Gatot Pramono.

Komjen Gatot juga dibantu oleh Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri, dan As SDM Irjen Wahyu Widada. Kemudian dari Provos terdapat Karo Provos Div Propam Brigjen Beni Ali S dan Karo Paminal Div Propam Brigjen Hendra Kurniawan.

Selanjutnya pada tahun 2022, Andi Rian yang saat itu masih berpangkat Brigjen dipromosikan menjadi Kapolda Kalsel. Hingga akhirnya dia kini ditugaskan menjadi Kapolda Sulsel. ****

  • Bagikan