Santriwati Diberikan Pelatihan Keterampilan Hidup Remaja

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pondok Pesantren Babul Khaer Kabupaten Bulukumba melaksanakan Pelatihan Keterampilan Hidup Remaja bagi seluruh santriwati. Kegiatan yang dilaksanakan beberapa sesi ini mulai berlangsung sejak Jumat, 2 Februari 2024.

Koordinator Kekampusan Ponpes Babul Khaer Bukukumba, Abdul Wahab, mengatakan, pentingnya persiapan dini menghadapi berbagai tantangan ke depan bagi santri dan santriwati. Untuk itu, perlu memberikan bekal berharga untuk mengenal diri sendiri, mengelola emosi, serta memahami manajemen kebersihan menstruasi.

"Kegiatan tersebut, khususnya bagi perempuan, dianggap esensial sebagai bekal untuk melindungi diri dan mendidik anak-anak di masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Fasilitator, Musdaipah menjelaskan, pelatihan ini fokus pada peningkatan keterampilan hidup remaja, mendukung pencegahan dan penanggulangan kekerasan berbasis gender dan anak. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Kementerian Agama, Lembaga Mitra Ibu dan Anak, serta dukungan UNICEF.

"Pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap, ada delapan sesi yang akan kita laksanakan," terangnya.

Untuk pekan pertama dan kedua, Musdaipa menargetkan santri dan santriwati MTs. Kemudian pekan berikutnya ditujukan untuk santri dan santriwati MA.

"Dengan materi mencakup identitas, perasaan, emosi, internet, media sosial, dan aspek lainnya," pungkasnya. (***)

Penulis: SUMARNIEditor: SUPARMAN
  • Bagikan