Edy Manaf Dampingi Pemkab Bone Ziarah Makam Raja Bone IX di Desa Dampang

  • Bagikan
Edy Manaf saat mendampingi Pemkab Bone Ziarah Makam Raja Bone IX di Desa Dampang, Senin, 26 Februari 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf mendampingi rombongan Pemerintah Kabupaten Bone menggelae ziarah di makam Raja Bone IX, La Pattawe Matinroe ri Bettung yang berada di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Senin, 26 Februari 2024.

Kegiatan tersebut digelar sebagai rangkaian peringatan jadi Kabupaten Bone ke 694 tahun yang akan jatuh pada 6 April 2024.

Pj Bupati Bone, Islamuddin memimpin sejumlah unsur Forkopimda dan OPD Bone pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Islamuddin menyampaikan, selain sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur, ziarah itu sebagai simbol perekat persaudaraan antara Bone dan Bulukumba

"Keberadaan makam Raja Bone IX di sini menunjukkan bahwa Bulukumba adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Bone. Semoga persaudaraan ini dapat terus terjaga," jelas Islamuddin.

Islamuddin mengatakan, ziarah ke makam Raja Bone yang dilaksanakan ini adalah yang ketiga kalinya bagi dirinya. Yang pertama saat masih menjabat Inspektur Daerah, yang kedua saat sudah menjabat Sekretaris Daerah dan yang ketiga saat ini sebagai Penjabat Bupati Bone.

"Ini (jabatan) mungkin karena berkat doa masyarakat Bulukumba juga," kata Andi Islamuddin.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ziarah ke makam leluhur Raja Bone sudah menjadi tradisi dalam menyambut Hari Jadi Bone setiap tahunnya.

"Hampir seluruh wilayah kabupaten kota di Sulawesi Selatan ada makam raja Bone, dan semua makam itu kita ziarahi sekaligus menjalin silaturahmi dengan pemerintah dan warga daerah tersebut," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan bahwa keberadaan makam raja raja Bone di berbagai daerah termasuk Kabupaten Bulukumba menandakan raja raja Bone diterima seluruh lapisan masyarakat. Ini dibuktikan dengan keberadaan makam raja Bone berada di mana saja. Hal ini juga menunjukkan keberlanjutan kepemimpinan dari konsep kerajaan di masa lalu dan konsep negara republik setelah Indonesia merdeka.

"Kedekatan raja Bone dengan rakyat di masa lalu harus menjadi teladan dari para pemimpin daerah saat ini untuk senantiasa dekat dengan warganya," kata Edy Manaf.

Edy Manaf pun mengucapkan selamat datang kepada Penjabat Bupati Bone dan rombongan di Kabupaten Bulukumba, semoga kunjungan ini semakin mempererat hubungan Bone dan Bulukumba.

Dalam ziarah ke makam Lapattawe, turut hadir Pj.Bupati Bantaeng, Andi Abubakar. Juga Sekretaris Daerah Bulukumba, Ali Saleng, serta sejumlah unsur Forkopimda Bulukumba.

Diketahui, La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung Bulukumba adalah Raja Bone ke-9 yang memerintah 1565-1602.

Di masa pemerintahannya tidak banyak diberitakan, termasuk informasi terkait serangan militer Gowa ke Bone juga tidak pada masa pemerintahannya. ****

  • Bagikan