Dipusatkan di Halaman Rujab Bupati Sinjai, Puncak Peringatan HJS Ke-460 Berlangsung Khidmat

  • Bagikan

SINJAI, ,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID– Puncak pelaksanaan peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke-460 Tahun dilaksanakan di halaman Rujab Bupati Sinjai berlangsung dengan khidmat. Para pejabat dan tamu undangan menggunakan busana adat Bugis Makassar, Selasa (27/02).
Dipandu oleh MC Kasdiawati, acara diawali dengan penyambutan rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, dimana Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan, dr. Muhammad Ichsan Mustari.
Rombongan Pemprov disambut dengan tarian padduppa, dan dilanjutkan dengan pertunjukan drama tari kolosal oleh sanggar seni binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai yang menceritakan tentang Perjanjian Topekkong.
Kemudian, Plt Ketua DPRD Sinjai, Sabir membacakan sejarah singkat Kabupaten Sinjai di hadapan para tamu undangan.
Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Panitia Pelaksana HJS Ke-460, Andi Jefrianto Asapa membeberkan beberapa kegiatan yang telah digelar Pemkab Sinjai dalam menyambut HJS.
Mulai dari kegiatan Festival Olahraga Tradisional, senam, kontes kopi bertajuk “Sinjai Brewing Contest”, Sinjai Fun Run, pasar murah, gelar produk kuliner UMKM, demo pembuatan roti, festival buah, dan beberapa perlombaan yang melibatkan masyarakat dan pelajar.
Sementara, Pj Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menuturkan bahwa HJS adalah momen penting dalam sejarah perjalanan Sinjai.
Dalam usianya yang ke-460 tahun, Kabupaten Sinjai telah melalui beberapa fase sejarah yang membentuk masyarakat Sinjai dengan budaya dan nilai-nilai luhur yang terjaga secara turun temurun.
“Itulah sebabnya, pada momentum penting ini, ketika insan-insan Sinjai yang memiliki ikatan emosional dan kultural dengan daerah ini, bersama-sama merasakan semangat Hari Jadi Sinjai, dan kembali menggelorakan semangat Assijai’na To Sinjaie, dengan merenungi makna Perjanjian Topekkong, yang selalu menjadi warisan tak ternilai bagi kita semua,” tuturnya.
Olehnya itu, T.R mengajak seluruh elemen masyarakat Sinjai untuk menggaungkan tema Hari Jadi Sinjai ke-460, “Dengan Semangat Sinjai Bersatu, Ayo Kita Bangun Kabupaten Sinjai”.
Selanjutnya, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulse, dr. Muhammad Ichsan Mustari dalam kesempatan ini menghaturkan rasa terima kasih kepada jajaran Pemkab Sinjai.
Termasuk kepada para mantan pejabat dan seluruh stakeholder yang telah berjasa dalam pembangunan di daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta ini.
“Kami dari jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sinjai maupun para mantan pejabat yang punya kontribusi nyata terhadap kemajuan di Sinjai, maupun Sulawesi Selatan,” ujar dr. Ichsan.
Dalam kegiatan ini, juga dirangkaikan dengan launching Mall Pelayanan Publik (MPP) Elektronik oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulsel.

  • Bagikan