Ilham Ari Fauzi Ingin Cetak Pemain Berbakat Futsal Lewat Kompetisi Arifah Cup

  • Bagikan

GOWA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID---Final dan penutupan kompetisi futsal Arifah Cup Vol 2 berlangsung seru. Ratusan pendukung dari tim yang berlaga di partai final memadati lapangan Futsal Madrasah Arifah Gowa di Jalan Bokolu, Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Senin 27 Februari 2024.

Pasalnya, pada pembukaan partai final Arifah Cup Vol II mempertemukan tuan MI Arifah melawan SD Wahda Gowa.
Perebutan gelar juara 1 berlangsung sengit.

Tuan rumah harus kebobolan terlebih dahulu lewat gol yang diciptakan oleh pemain Wahda Gowa. Tak berselang lama, MI Arifah Gowa mampu membalas sehingga skor bisa imbang 1-1.

Permainan menyerang terus dilakukan tim Wahda Gowa hingga kembali unggul 2-1 atas tim tuan rumah MI Arifah. Tuan rumah tak mau tinggal diam, dengan semangat pantang menyerah, akhirnya bisa menyamakan kedudukan 2-2 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, tim tuan rumah MI Arifah dan Wahda Gowa saling balas serangan. Tapi skor masih bertahan 2-2 hingga peluit akhir pertandingan ditiup wasit. Perebutan gelar juara 1 pun harus dilakukan dengan adu penalti.

Ketenangan penendang pemain MI Arifah di kotak penalti, ditambah mental kiper MI Arifah bernama Jibril yang menipis tiga tembakan lawan mampu menghantarkan MI Arifah Gowa menjadi juara pertama.

Seluruh pendukung, orang tua, guru dan pelatih Tim Futsal MI Arifah Gowa bersorak-sorai merayakan kemenangan. Beberapa pemain MI Arifah Gowa pun terlihat meneteskan air mata bahagia.

Pertandingan kemudian dilanjutkan untuk kategori Madrasah Tsanawiyah/SMP. Dilaga ini, juara pertama diraih oleh SMPN 1 Sungguminasa setelah menumbangkan SMP Muhammadiyah Limbung.

Selanjutnya disusul perebutan gelar juara pada kategori Madrasah Aliyah/SMA. Juara pertama pun diraih oleh MAN 2 Makassar setelah menumbangkan tim kuat SMAN 9 Gowa lewat adu penalti.

Usai pertandingan final, Ketua Yayasan Madrasah Arifah Gowa, Ilham Ari Fauzi S.T yang secara resmi menutup kompetisi futsal Arifah Cup Vol II menuturkan, pihaknya akan terus melanjutkan kompetisi Arifah Cup setiap tahunnya.

"Arifah Cup Insya Allah akan terus kita gulirkan setiap tahunnya. Bahkan ada ide yang muncul seiring berjalannya kompetisi kemarin, bahwa Arifah Cup bisa jadi kita laksanakan 2 kali setiap tahunnya," ujar Ilham Ari Fauzi.

Hal tersebut kata Ilham Ari Fauzi karena melihat animo peserta didik yang cukup besar dalam bidang olahraga utamanya futsal sehingga harus selalu terwadahi.

"Tujuan kita agar warga Indonesia Timur ini tidak pernah kekurangan talenta-talenta muda. Hanya saja (menurut saya) kurang banyak event-event besar yang bisa menyediakan level pertandingan yang sebesar seperti Arifah Cup ini," terangnya.

Dia juga mengaku bahwa, pihaknya berupaya untuk menjadi salah satu lembaga pendidikan yang bisa menjadi ujung tombak untuk menyalurkan seluruh jenis bakat dan minat, seluruh anak-anak Gowa-Makassar.

"Apalagi bagi mereka yang menjadi siswa kami, tentu akan mendapatkan banyak sekali program-program pelatihan untuk menyalurkan potensi mereka," jelasnya.

Ditanya soal MI Arifah Gowa yang berhasil meraih juara pertama, Ilham Ari Fauzi mengaku sangat bangga bisa melihat peserta didik di Madrasah Arifah berkembang cukup pesat.

"Siswa kami di MI ini masih di kelas 5, tetapi Alhamdulillah mereka sudah menunjukkan pertandingan yang sangat apik," katanya.

Menurut dia, prestasi yang diraih ini tidak lepas dari usaha panjang seluruh stakeholder selama 2 tahun terakhir, dalam membangun dan memotivasi siswa untuk terus-menerus mengejar berprestasi.

Pada penutupan ini pula Ilham Ari Fauzi ikut menyerahkan piala dan hadiah kepada tim yang berhasil meraih juara. Selain tim, prestasi individu pemain juga ikut diberikan hadiah. Seperti daftar top skor, pemain terbaik, best kiper, pelatih terbaik, hingga best pembina.

Berikut daftar peraih penghargaan individu pada event futsal Arifah Cup Vol. II .

*Top Score Kategori MI/SD : Muh. Khusnul dari MI Arifah Gowa.

  • Pemain Terbaik MI/SD: Muh. Bilal Zahabi Bilal dari Wahda Gowa.

*Best Kiper: Jibril dari MI Arifah Gowa.

*Pelatih Terbaik: Hartawansyah dari MI Arifah Gowa.

*Best Pembina: Muh. Alif Basri dari Wahda Gowa.

*TOP SCORE KATEGORI MTS/SMP : Aldebaran dari SMP 1 Sungguminasa.

*Pemain Terbaik: Nabil dari SMP Muhammadiyah Limbung.

*Best Kiper: Fatur dari SMP 1 Sungguminasa.

*Best Pelatih: Om Roy dari SMP 1 Sungguminasa.

*Pembina Terbaik: Mas Suardi dari Al Fityan PPMA Barombong.

*TOP SCORE KATEGORI MA/SMA : Derel dari SMA 8 Makassar.

*Pemain Terbaik: Akmal dari SMA 9 Gowa.

*Kiper Terbaik: Imran dari MAN 2 Makassar.

*Best Pelatih: Ananta dari MAN 2 Makassar.

Best Pembina: Passinrengi dari SMA 9 Gowa. (**)

  • Bagikan