Masyarakat Desa Apresiasi Layanan BPJS Keliling

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba kembali menyasar kantor desa untuk membantu masyarakat mengakses layanan administrasi Program JKN melalui BPJS Keliling. Kali ini BPJS Kesehatan Keliling menyambangi Kantor Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, belum lama ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Muhammad Ali menyampaikan bahwa layanan BPJS Keliling ini merupakan alternatif layanan yang diberikan BPJS Kesehatan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa yang mengalami permasalahan terkait Program JKN.

“Masyarakat desa dapat memanfaatkan layanan BPJS Keliling untuk dapat mengakses layanan administrasi Program JKN dengan mudah,” jelas Ali.

Ahmad Gurfan (22), salah satu warga Bukit Tinggi yang telah mendapatkan pelayanan BPJS Keliling mengakui hadirnya layanan BPJS Keliling sangat membantu warga desa, terutama para lansia yang kesulitan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan mengingat jarak tempuh yang cukup jauh.

“Saya melihat pelayanan BPJS Kesehatan ini sangat membantu warga desa di sini, karena tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus kepesertaan JKN terutama bagi para orang tua,” jelas Gurfan.

Ghufran mengunjungi layanan BPJS Keliling untuk melakukan pengecekan status keaktifan peserta JKN miliknya. Saat ini dia terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) tanggungan dari Pemerintah Daerah Bulukumba.

“Awalnya saya datang ke kantor desa hanya untuk cek status keaktifan saya, namun setelah sampai disini dan dilayani, saya mendapatkan banyak informasi, salah satunya saya ditawarkan menggunakan Aplikasi Mobile JKN,” jelas Ghufran.

Aplikasi Mobile JKN ini dapat membantu peserta untuk mengakses pelayanan dengan mudah dan praktis. Berbagai fitur bisa digunakan, seperti pendaftaran peserta, perubahan data, pendaftaran pelayanan kesehatan secara online, pengaduan layanan JKN, informasi pembayaran, dan pemeriksaan kesehatan.

“Menggunakan Aplikasi Mobile JKN, selanjutnya saya bisa melakukan cek kepesertaan JKN secara mandiri tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, saya juga bisa memanfaatkan fitur antrean online untuk mendaftar pelayanan kesehatan agar lebih cepat, praktis, dan tanpa harus mengantre lama di faskes,” imbuhnya.

Peserta lain, Hale (53) mengunjungi layanan BPJS Keliling ditemani anaknya untuk melakukan pengalihan menjadi peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri kelas III. Sebelumnya ia terdaftar sebagai peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) tanggungan dari suaminya.

“Saya datang bersama anak saya, untuk melakukan pengalihan menjadi peserta mandiri kelas tiga,” jelas Hale.

Hale menyampaikan pelayanan yang diberikan oleh petugas BPJS Keliling sudah cukup bagus, petugas dengan ramah menjelaskan hak dan kewajiban yang harus dilakukan setelah menjadi peserta.

“Pelayanan yang diberikan sangat bagus, petugas ramah dan informasi yang diberikan sangat mudah saya pahami. Saya puas dengan pelayanan yang diberikan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Desa Bukit tinggi, Supriadi mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan. Hadirnya BPJS Keliling di Kantor Desa Bukit Tinggi sangat mempermudah bagi warga desa untuk mengakses layanan administrasi, seperti pengecekan status kepesertaan dan perpindahan fasilitas kesehatan.

"Kami memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba yang telah berkunjung ke desa kami. Saat ini masih banyak warga desa yang mengalami kendala dalam hal kepesertaan, salah satunya adalah pembaruan data ketika ada anggota keluarga yang sudah meninggal atau keluar dari Kartu Keluarga (KK). Tercatat selama dua hari penyelenggaraan BPJS Keliling di kantor desa, sangat membantu sekali bagi kami Pemerintah Desa Bukit Tinggi," pungkasnya. (***)

  • Bagikan