Peringati HGS, RSUD Bulukumba Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan 

  • Bagikan
Suasana saat pihak RSUD mengedukasi pengunjung.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sultan Dg Radja Bulukumba sukses menggelar sosialisasi bertajuk "Kesehatan Ginjal Untuk Semua". Kegiatan tersebut berlasngsung di ruang tunggu Poliklinik rawat jalan, Jumat, 1 Maret 2024.

Sosialisasi dan edukasi yang diikuti oleh pasien, keluarga pasien dan pengunjung ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia (HGS) tahun 2024 yang diperingatinya setiap Minggu kedua di bulan Maret.

 Dokter spesialis penyakit dalam dr. Yonarti Thamrin,Sp.D menjelaskanbbahwa gagal ginjal kronis adalah penyakit yang menyebabkan organ tersebut kehilangan fungsinya secara bertahap.

"Seringnya penurunan fungsi ginjal menetap dan terjadi selama tiga bulan. Kondisi ini sering ditandai beberapa gejala awal seperti sesak napas, mual, dan mudah merasa lelah," katanya, Minggu, 3 Maret 2023.

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya untuk menjaga kesehatan diri dengan wajib beraktivitas fisik. Serta berolahraga agar badan tetap bugar.

"Menjaga kadar gula darah tetap normal, menjaga tekanan darah, berat badan yang ideal, minum air putih 8-10 gelas per hari, lalu tidak merokok dan periksa fungsi ginjal secara berkala juga harus dilakukan siapa pun," jelasnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan