3.186 Wisatawan Berpekan Ceria di Tanjung Bira

  • Bagikan
Wisatawan memadati Pantai Pasir Putih Bira, Sabtu, 9 Maret 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Berwisata pada akhir pekan terakhir sebelum Ramadan yang dikenal dengan istilah pekan ceria sudah menjadi tradisi masyarakat di Sulawesi Selatan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Tanjung Bira salah satu objek wisata yang ramai pengunjung pada akhir pekan menjelang bulan puasa.

Berdasarkan data yang dihimpun RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, sedikitnya 3.186 wisatawan yang berkunjung ke kawasan Tanjung Bira di akhir pekan, mulai Sabtu, 9 Maret 2024 hingga Minggu, 10 Maret 2024.

Dari jumlah wisatawan serta retribusi kendaraan, Disparpora mengumpulkan kurang lebih 66 juta Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi masuk Bira selama akhir pekan ini.

Nurfazira salah satu wisatawan yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di Tanjung Bira menyampaikan bahwa sudah beberapa kali ia dan keluarganya berkunjung ke Bira baik itu saat liburan biasa maupun saat merayakan pekan ceria.

"Karena mungkin dekat, dan selalu ada yang baru tiap tahun di sini. Jadi saya sama keluarga tidak bosan ke sini," kata Nurfazira, Sabtu, 9 Maret 2024.

Nurfazira juga menyampaikan bahwa sensasi liburan pekan terakhir jelang Ramadan, berbeda dengan liburan di hari-hari biasanya.

"Saya juga tidak tahu bagaimana penjelasannya. Tapi liburan minggu ceria itu rasanya lebih sakral dari pada liburan biasanya," ujarnya.

Selain wisatawan lokal Bulukumba, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID juga menemui wisatawan yang datang dari luar daerah.

Ishak, wisatawan dari Kabupaten Gowa bersama sejumlah keluarga dan teman-temannya juga datang untuk berpekan ceria di Tanjung Bira.

"Dulu sama keluarga saya pernah ke sini sebelum dibangun ini Masjid (Masjid Terapung Bira, red). Sekarang saya lihat mulai tertata dan lebih beragam objek dan wahananya di sini," kata Ishak.

Tingginya kunjungan wisata itu juga berkah memasuki Ramadan bagi pelaku usaha yang berada dalam maupun di sekitar kawasan Bira.

Seperti pengusaha penginapan, banyaknya kunjungan wisata membuat sejumlah turut penginapan dipadati pengunjung.

"Alhamdulillah dek lumayan banyak pengunjung selama dua hari ini. Ada yang menginap dan ada juga ambil tidak sampai malam," ungkap Andi Ainul pemilik penginapan Dafandra Beach.

Bira yang merupakan salah satu tujuan utama wisatawan di Sulawesi Selatan merupakan tantangan bagi pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk terus berbenah.****

  • Bagikan