Dukung Program Pemerintah Berbasis UPZ, Baznas Gelar Rakor Penguatan Pengelolaan ZIS dan CSR.

  • Bagikan
Rakor pengelolaan ZIS dan CSR

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba melaksanakan rapat koordinasi.

Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan pengelolaan Zakat, infak dan Sedekah (ZIS) dan CSR untuk mendukung program pemerintah maju berbasis UPZ (Unit Pengumpul Zakat).

Kegiatan ini dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Ketua Baznas Provinsi Sulsel, Forkopimda, Kakan Kemenag, Dewan Pengawas Baznas, Pimpinan Baznas Kab Bulukumba, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa, Para Kepala KUA, beberapa ketua organisasi islam dan komunitas, serta 136 Ketua UPZ Lurah atau desa se-Kabupaten Bulukumba. 

Guna memaksimalkan acara tersebut, BAZNAS menghadirkan pembicara dari BAZNAS RI, Trihardian Saeful, Kepala Divisi Pengumpulan Nasional.

Ketua BAZNAS Bulukumba H. Kamaruddin saat mengatakan, rapat koordinasi tahunan yang dilaksanakan Baznas Bulukumba tahun ini pada 9 Maret lalu terasa berbeda, karena menghadirkan para camat, kepala desa dan lurah, serta narasumber dari BAlDan tentunya rasa terima kasih untuk pemerintah daerah dan kementrian agama yang selalu mensupport kegiatan kegiatan baznas.

“Salah satu tujuan dari hadirnya para camat, kepala desa dan lurah adalah bagaimana kita mendorong pengelolaan zakat, pengumpulan zakat khususnya zakat pertanian," katanya, Selasa, 12 Maret 2024.

Menurutnya besarnya potensi zakat yang dimiliki saat ini, tentu diharapkan adanya dukungan regulasi dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama para stakeholder terkait. Untuk mengoptimalkan pengelolaan ZIS di Kabupaten Bulukumba.

Dr. dr. H Muh Khidri Alwi Ketua Baznas Provinsi Sulsel menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten dan Baznas Bulukumba atas penghargaan Baznad yang telah diraih, juga atas Piala Adipura yang kembali didapatkan Kabupaten Bulukumba.

“Kita bersyukur geliat Zakat Infak Sedekah di Kabupaten Bulukumba terus meningkat, dan tentu harapan kita tahun depan akan banyak lagi didapatkan Kabupaten Bulukumba pada Baznas Award,” jelasnya.

Pada rangkaian acara rapat koordinasi, Bupati dan Wakil Bupati memberikan bantuan kemanusiaan Baznas Bulukumba kepada warga terdampak bencana alam. 19 KK mendapatkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya, total keseluruhan Rp.42.000.000. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan