Membanggakan, 21 Siswa SMAN 3 Bulukumba Berhasil Masuk PT Melalui Jalur SNBP

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Siswa SMAN 3 Kabupaten Bulukumba kembali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 masuk ke Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. 

Dilihat rekor selama ini, SMAN 3 Bulukumba tergolong sekolah yang punya banyak prestasi sehingga banyak siswanya tidak menyia-nyiakan peluang tersebut, ditambah SMAN 3 Bulukumba memiliki akreditasi sekolah yang sangat baik yakni B.

Kepala SMAN 3 Bulukumba, Drs. Ramli, S.Pd mengatakan melihat hal tersebut sekolah merangking dari keseluruhan kelas XII yang akan tamat tahun 2024 ini. Sehingga terpilihlah sebanyak 73 siswa atau 40 persen dari jumlah keseluruhan kelas XII dengan rincian jurusan MIA 43 siswa dan jurusan IIS/IPS 30 siswa.

"Alhamdulillah suatu kebanggaan dan kesyukuran tahun ini sebanyak 21 siswa kami yang lulus masuk Perguruan Tinggi (PT) melalui jalur SNBP. Jumlah ini tentu jauh sangat meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4 orang yang lulus," ungkapnya, Kamis 28 Maret 2024.

Sementara itu, Zaenal Hasmar menyampaikan juga menyampaikan rasa syukurnya dan mengucapkan selamat kepada siswa yang berhasil lulus melalui SNBP. Ia menuturkan sebelum siswanya mendaftar, pihaknya melakukan pertemuan dan bimbingan bersama seluruh siswa yang akan ikut seleksi. 

"Pada pertemuan tersebut para guru di sekolah memberikan masukan dalam pemilihan jurusan. Namun semua keputusan kembali kepada siswa tersebut karena merekalah yang akan menjalaninya. Dimana pertemuan ini didampingi oleh Guru Riswanto, Andi Ilham, Syamsuriadi dan Zaenal Hasmar. Tentunya tidak lepas dari arahan dan pengamatan dari Kepala Sekolah dan para Wakasek," jelasnya.

Pencapaian ini juga menjadi hal mengejutkan bagi SMAN 3 Bulukumba. Pasalnya siswa yang lulus SNBP di dominasi dari siswa jurusan IIS atau IPS. "Alhamdulillah kami berhasil membuktikan bahwa tidak selamanya siswa jurusan IPS tidak akan berhasil masuk melalui jalur SNBP. Kami berhasil merubah menset bahwa IIS/IPS bisa tonji dan bahkan dibuktikan tahun ini," kata Muh. Adnan Haris Mantan Ketos SMAN 3 Bulukumba. ***

Penulis: SumarniEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan