Meningkat, 13 Siswa MA Babul Khaer Lulus PTN Jalur SPAN-PTKIN

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 13 siswa Madrasah Aliyah (MA) Babul Khaer Kabupaten Bulukumba, berhasil lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) tahun 2024. Kelulusan tersebut tertuang pada pengumuman hasil SPAN-PTKIN tanggal 2 April 2024.

Kepala MA Babul Khaer Kabupaten Bulukumba, Syamsuddin mengaku sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Ia menjelaskan SPAN-PTKIN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) yang didasarkan pada prestasi akademik siswa. Seleksi ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Alhamdulillah kami sangat bangga atas pencapaian. Jumlah ini termasuk jauh lebih meningkat dari tahun sebelumnya dan dijalur SNBP kemarin siswa kami yang lulus hanya satu orang," ungkapnya, Rabu, 3 April 2024.

Ia juga menyampaikan tujuan diselenggarakannya SPAN-PTKIN adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memiliki prestasi akademik unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di PTKIN dan memberikan peluang kepada PTKIN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

"Siswa kami yang lulus jalur SPAN-PTKIN ini tersebar diberbagai Perguruan Tinggi Negeri Agama di Sulsel beberapa diantaranya UIN Alauddin Makassar, IAIN Pare-Pare, IAIN Bone, dan STAIN Bengkalis," tambahnya.

Syamsuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh civitas akademika MA Babul Khaer Bulukumba yang telah sukses mengantarkan siswa lulus di berbagai PTN. 

"Tanpa support dan bimbingan, mustahil keberhasilan itu diperoleh oleh siswa. Semoga tahun berikutnya lebih banyak lagi siswa kami yang lulus di PTN melalui jalur prestasi," harapnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan