Cekdam Balangsikuyu jadi  Lokasi Penanaman  Pohon Serentak di Peringatan Hari Bumi

  • Bagikan
Foto: Penanaman pohon oleh Pj Bupati Bantaeng Andi Abubakar di Cekdam Balang Sikuyu. (mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bantaeng melakukan penanaman pohon  serentak pada peringatan Hari Bumi tingkat Kabupaten Bantaeng 2024 bertempat di Cekdam Balangsikuyu, Kel.Karatuang, Kecamatan Bantaeng, Senin, 22 April 2024.

Peringatan Hari Bumi ini diawali dengan sedekah pohon dan aksi tanam pohon serentak, serta penebaran benih ikan nila yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, bersama unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat,Lurah, jajaran Pemkab Bantaeng, Pelajar dan Mahasiswa.

Menurut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Bantaeng, Nasir Awing melaporkan bahwa peringatan Hari Bumi tingkat Kabupaten Bantaeng merupakan sejarah, karena kata dia, penanaman pohon sebanyak 500 secara serentak yang mana diinisiasi oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin.

Sementara menurut, Pj Bupati Bantaeng dalam sambutannya mengatakan bahwa puncak penanaman dilakukan di sekitar Balangsikuyu, dikarenakan lokasi ini kondisinya  berpotensi banjir. 

"Selain kita melakukan penanaman pohon, kita juga melakukan penebaran bibit ikan mudahan-mudahan ini terus berkembang biak, sehingga keberadaan pohon membantu untuk menjaga kesuburan tanah, mengurangi polusi udara, menahan laju air dan erosi, mencegah banjir, hingga menambah keindahan pemandangan,” ucapnya.

Pj Bupati Andi Abubakar berharal, penanaman pohon ini, bukan hanya seremonial semata tetapi wajib dan benar-benar dilakukan dengan rasa cinta, dikelola agar tetap asri dan sehat untuk masyarakat setempat ke depannya.

"Sasaran dari penanaman ini yang pertama adalah daerah aliran sungai, betapa eratnya hubungan manusia dengan bumi dan tanggungjawab untuk melindunginya,” tutup dia. (mad/has/b)

  • Bagikan