Indonesia U23 Vs Irak U23, Peluang Tiket Lolos Olimpiade Paris 2024

  • Bagikan
Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY). (Foto PSSI)

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wajib menang. Itulah yang diusung tim Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, malam ini. Pasalnya, pemenang laga otomatis bisa tampil di Olimpiade Paris 2024.

Tampil di Olimpiade, tentu menjadi harapan dan impian pa­ra pecinta sepak bola Indonesia. Secara head to head, Indonesia vs Irak menunjukkan perbedaan tipis. Namun demikian, dari sisi ranking FIFA, kedua kubu punya selisih hingga 76 peringkat.

Di level senior, Indonesia menduduki peringkat 134 du­nia, sedangkan Irak menduduki peringkat 58 dunia atau ranking 7 khusus kawasan Asia (AFC). Akan tetapi, ranking di tim senior tentu saja tidak bisa dija­dikan acuan penuh untuk menilai kualitas tim U-23.

Sementara tim yang kalah mesti memainkan laga play­off kontra Guinea U-23 (wakil Afrika) untuk menyegel satu tiket.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) optimistis skuad Garuda Muda bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024, meski kalah melawan Uzbekistan 0-2 pada semifinal Piala Asia.

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat. Selamat untuk tim Uzbekistan. Tapi kami tetap mem­punyai peluang untuk melaju ke Olimpiade,” ujar STY.

Garuda Muda harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor 0-2 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku, anak asuhnya sudah berusaha maksimal saat mengh­adapi Uzbekistan. Namun, pada pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pe­main. Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga,” ujarnya.

Dia mengatakan, para pemain seperti kehilangan kepercayaan diri. Padahal, Garuda Muda di tiga laga sebelumnya tampil sangat impresif dengan men­galahkan tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan.

“Saya pikir sebelum memu­lai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mem­pengaruhi tim kami, sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” ujarnya.

STY mengatakan, Garuda Muda akan mempersiapkan diri menghadapi pertandingan selanjutnya untuk mempere­butkan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

Bek kanan Timnas Indonesia U-23 Ilham Rio Fahmi berjanji bahwa tim yang dibelanya akan dapat memenangi laga kontra Irak.

“Kami berjanji kepada ma­syarakat bisa menang besok. Saya juga yakin kami sudah berkembang bagus karena sering berlatih bersama,” ucap Rio pada konferensi pers sebelum pertandingan.

Sementara, Pelatih Irak Radhi Shenaishil mengharapkan tim­nya dapat meraih kemenangan atas Indonesia dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Bagi Singa Mesopotamia - julukan Irak, kemenangan ini juga kesempatan untuk tampil di Olimpiade Paris 2024.

Irak menelan kekalahan 0-2 dari Jepang dalam babak semi­final Piala Asia U-23 2024. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Selasa (30/4/2024) dini hari WIB. Samurai Biru-julukan untuk Timnas Jepang, mampu mendominasi jalannya pertand­ingan, menjadikan Irak kesuli­tan. Gol dari Mao Hosoya (28’) dan Ryotaro Araki (42’) menjadi penentu kemenangan Jepang.

Setelah kekalahan dari Jepang, Radhi Shenaishil mengatakan bahwa Irak dari awal telah menargetkan satu tempat di Olimpiade, bukan sekadar men­capai final Piala Asia U-23 2024. Dia berharap, timnya dapat melupakan kekalahan tersebut, karena masih ada kesempatan terakhir untuk tampil di Paris.

“Kami datang ke sini un­tuk memperoleh tempat di Olimpiade, tidak pernah kami katakan bahwa kami akan men­capai final. Kami puas dengan posisi kami saat ini, dan masih ada kesempatan untuk melu­pakan pertandingan ini dan maju ke Olimpiade,” ujar Shenaishil.

Mengenai perebutan tem­pat ketiga, Radhi Shenaishil menyebut bahwa timnya ha­rus melakukan rotasi karena beberapa pemain mengalami cedera. Meski menyadari bahwa Indonesia bukan lawan yang mudah dikalahkan, dia berharap bisa meraih kemenangan dalam laga tersebut.

“Kami tahu Timnas Indonesia adalah lawan yang tangguh, mer­eka termasuk di antara empat besar karena penampilan bagus mereka di fase grup. Namun, kami menantikan pertandingan melawan Indonesia dan berharap untuk menang,” tambahnya. (**)

Jadwal Perebutan juara 3 Pertandingan:
Irak U-23 vs Indonesia U-23

Hari/Tanggal: Kamis, 2 Mei 2024
Kick Off 23:30 WITA
Stadion: Abdullah bin Khalifa, Doha

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Irak
Timnas U23 Indonesia (3-4-3):
Ernando Ari; Komang Teguh, Muhammad Ferrari, Justin Hubner; Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Irak U23 (4-2-3-1):
Hussein Hasan; Ahmed Hasan Maknazi, Josef Al Imam, Zaid Tahseen, Musafa Saadon; Zaid Ismael, Hussein Amer; Ali Jasim, Karrar Muh Al Mukhtar, Ali Basim; Salim Ahmed.

Pelatih: Radhi Shenaishil.

  • Bagikan