Debut Gemilang Jay Idzes di Timnas Indonesia: Tenang dan Sulit Dilewati Lawan

  • Bagikan
Jay Idzes penampilan debut bersama Timnas Indonesia, Kamis, 21 Maret 2024

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemain naturalisasi Jay Idzes berhasil tampil mengesankan pada debutnya membela Timnas Indonesia kala berjumpa dengan Vietnam pertandingan ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 21 Maret 2024.

Bek berusia 23 tahun itu berhasil tampil sebagai pemain kunci atas kemenangan Timnas Indonesia memenangkan laga atas Vietnam dengan skor 1-0.

Jay merupakan salah satu pemain yang baru saja dinaturalisasi PSSI. Ia resmi mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia baru pada akhir Desember 2023 kemarin.

Di jeda internasional Maret 2024 ini, Idzes resmi dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Ia masuk dalam skuat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia melawan Vietnam.

Hari yang ditunggu-tunggu sang bek akhirnya tiba. Ia resmi menjalani debutnya sebagai Timnas Indonesia setelah ia dipilih menjadi starter melawan Vietnam.

Pada laga tersebut Shin Tae-yong tidak sungkan-sungkan untuk langsung memberikan debut kepada Idzes. Bek yang membela Venezia itu langsung diplot sebagai starter melawan Vietnam.

Idzes sendiri bisa langsung jadi starter karena kondisi tidak ideal Skuat Garuda di laga ini. Dua bek tengah andalan Indonesia, Jordi Amat dan Elkan Baggott harus absen di laga ini karena cedera.

Alhasil Idzes langsung dipasang sebagai starter bersama Rizky Ridho dan Justin Hubner di pertandingan ini.

Meski baru pertama kali bermain di Timnas Indonesia, namun Jay Idzes menunjukkan tanda-tanda bahwa ia bakal jadi pilar penting untuk pertahanan Timnas Indonesia.

Di laga debutnya ini, ia tidak terlihat kagok. Ia mampu menjalin koordinasi yang baik dengan Rizky Ridho dan juga Justin Hubner di laga debutnya ini.

Kualitas yang paling kentara dari sang bek adalah ketenangannya. Ia terlihat sangat tenang ketika Vietnam membombardir pertahanan Indonesia terutama di babak pertama.

Selain itu Idzes mampu membaca permainan dengan baik. Ia kerap cermat memotong aliran bola Vietnam, sehingga beberapa serangan The Golden Star gagal mengancam gawang Indonesia. *****

Statistik Jay Idzes:

Menit Bermain: 95 menit
Tembakan Tepat Sasaran: 1
Umpan Sukses: 46
Umpan Gagal: 7
Tekel Sukses: 2
Tekel Gagal: 1
Sapuan: 2
Intersep: 3

  • Bagikan