Sharing Best Practice, Kadis Perpustakaan Kunjungan ke DPK Takalar

  • Bagikan
Kadis Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo bersama staf saat kunjungan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Takalar.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Rombongan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang dipimpin langsung oleh Tenri A. Palallo, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar melakukan kunjungan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Takalar, Selasa 12 April 2022. Kunjungan Kadis Perpustakaan Kota Makassar  disambut dan diterima langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar Achmad Rivai.

Kunjungan ini merupakan kegiatan Kolaborasi dalam rangka upaya menggerakkan geliat literasi di bidang budaya lokal melalui kegiatan perpustakaan sekolah dan dongeng.

Kadis DPK Takalar Achmad Rivai dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan waktu Kadis Perpustakaan Kota Makassar sudah mau berkunjung ke Takalar dalam rangka sharing best practice kegiatan literasi, ungkapnya.

“Kami di Takalar baru memulai dan bergerak massif lagi dalam hal geliat dan gerakan literasi, dimulai dari tingkat paling bawah yakni desa dan komunitas hingga ke semua sektor,” lanjut Achmad Rivai.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo menyampaikan bahwa kami punya prinsip semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah. Maka kehadiran kami adalah dalam rangka belajar bersama, sharing best practice dalam rangka pengembangan perpustakaan, ujarnya.

“Antara Kabupaten Takalar dan Kota Makassar memiliki keterikatan historis dan kesejarahan yang tak terpisahkan. Oleh sebab itu, salah satu tujuan kami kolaborasi kegiatan disini ialah untuk membangkitkan nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan perpustakaan, lanjut Tenri A. Palallo.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar memaparkan beberapa program kerja pada Dinas Perpustakaan Kota Makassar, termasuk beberapa inovasi yang sudah diraih Dinas Perpustakaan Kota Makassar pada tingkat nasional. Hal ini memberikan informasi dan pengalaman dalam pengembangan perpustakaan dan literasi.

“Akan ada 3 program yang di kolaborasikan dengan durasi waktu 3 hari. Program pertama ialah sharing best practice, program kedua ialah kunjungan ke salah satu perpustakaan sekolah (sharing Perpustakaan Sekolah yang Sesuai Standar Nasional Perpustakaan) dan pelatihan mendongeng berbasis budaya lokal,” terang Zainuddin Detol selaku Sekdis DPK Takalar.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar, Sekdis DPK Takalar, para Kepala Bidang antar 2 instansi, para pustakawan dan arsiparis, dan penggiat literasi Takalar. (rls)

  • Bagikan